Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS III

Sulistiyah Larasfitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasfitri, Sulistiyah. 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas III SDN Lesanpuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian Tindakan Kelas, Program S I PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang, Dosen Pembimbing (I) Dra. Sukamti, M.Pd. (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, IPA

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada umumnya guru IPA di Sekolah Dasar hanya terpaku pada penggunaan metode ceramah, penggunaan pendekatan pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang dilakukan, dengan hanya menggunakan metode ceramah hasil belajar siswa masih rendah, banyak yang belum mencapai ketuntasan belajar dan aktivitas siswa cenderung pasif. Sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa diperlukan berbagai metode dan pendekatan lain yang bervariasi yang dapat dijadikan alternatif pengganti metode ceramah.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Lesanpuro 4 Kota Malang sebelum diterapkan pendekatan pembelajaran   Sains   Teknologi  dan Masyarakat (STM); (2) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA  setelah diterapkan pendekatan pembelajaran   Sains   Teknologi  dan Masyarakat (STM); (3) mendeskripsikan pendekatan pembelajaran   Sains  Teknologi  dan Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart melalui dua siklus (siklus I dan II). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Lesanpuro 4 dengan jumlah siswa 39 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif.

Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STM mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa bisa mencapai 75,2% meningkat pada siklus II menjadi 85,5% dan prestasi belajar siswa pada siklus I dengan rata- rata sebesar 66,3 meningkat pada siklus II menjadi 81,7.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru IPA hendaknya menerapkan pendekatan pembelajaran  STM sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan materi yang dipelajari.