Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Desain Karakter Dan Lingkungan Untuk Film Animasi 3D Dongeng Si Kancil

moch zainuri

Abstrak


ABSTRAK

 

Zainuri, Moch. 2011. Desain Karakter Dan Lingkungan Untuk Film Animasi 3D Dongeng Si Kancil. Tugas Akhir, Program Studi Game Animasi FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Didiek Rahmanadji, (II) Dody Priyatmono, S.Sn

 

Kata Kunci: Desain, karakter, lingkungan, film animasi 3d, dongeng si kancil

Karakter merupakan bagian terpenting dari sebuah animasi atau pun game. Karakter dikatakan baik jika mampu tervisualisasi dengan detail, unik dan mempunyai ciri khas. Namun sekarang ini karakter-karakter lokal sudah semakin terlupakan. Munculnya animasi, game, dan komik dari luar negeri yang membuatnya semakin tenggelam.

Untuk meningkatkan minat kesadaran terhadap rasa cinta pada karakter lokal terutama karakter yang ada pada Dongeng Si Kancil diupayakan dengan mendesain ulang karakter kedalam bentuk 3D. Karena sekarang ini hampir semua film animasi banyak menggunakannya untuk bisa menghasilkan karya yang sangat menarik.

Data perancangan desain karakter dan lingkungan Dongeng Si Kancil diperoleh dari pengumpulan data website dan buku-buku. Perancangan desain ini menggunakan berbagai software grafis yaitu, Adobe Photoshop dan Autodesk 3DsMax 2009.

Perancangan ini menghasilkan berbagai media yaitu, desain karakter dan setting lingkungan(sebagai media utama), kemasan CD desain, merchendaise berupa katalog desain, pembatas buku dan pin, media promosi berupa x-banner, poster, dan mug.