Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ALAT PENGAMAN REGULATOR GAS LPG BERBASIS MIKROKONTROLER

Ferdian Miko Wijoyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Menipisnya cadangan minyak di perut bumi dan melimpahnya gas alam di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu mengganti minyak tanah yang selama ini menjadi kebutuhan sehari-hari beralih menggunakan gas LPG. Sejak itu, sering terjadi kebakaran atau ledakan yang disebabkan oleh kebocoran gas LPG dan sering kali kebocoran terletak pada regulator tabung gas LPG. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan alat pengaman regulator gas LPG yang dapat menutup regulator secara otomatis ketika terjadi kebocoran gas.

Perencanaan, pembuatan dan implementasi perancangan Alat Pengaman Regulator Gas LPG Berbasis Mikrokontroler memiliki tujuan antara lain: Mengembangkan alat pengaman regulator berbasis mikrokontroler, Menciptakan alat pengaman regulator yang dapat menghindarkan kebakaran atau ledakan yang disebabkan oleh kebocoran gas, Menguji alat pengaman regulator yang dapat menghindarkan kebakaran atau ledakan yang disebabkan oleh kebocoran gas.

Sistem yang dikembangkan pada ”Alat Pengaman Regulator Gas LPG Berbasis Mikrokontroler” terdiri dari beberapa blok meliputi: Sensor LPG, Mikrokontroler ATMega 8535, Buzzer, Driver, dan Motor DC.

Hasil perencanaan, pembuatan dan implementasi perancangan menunjukkan bahwa sistem bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan. Alat ini dapat bekerja apabila sensor mendeteksi adanya gas dan tegangan keluaran lebih dari 1 volt, yaitu motor berputar untuk menutup regulator gas LPG dan buzzer berbunyi sebagai indikasi adanya kebocoran gas.

Kesimpulan dari pembuatan tugas akhir ini adalah Dapat mengembangkan alat pendeteksi kebocoran gas LPG yang dilengkapi dengan motor untuk menutup regulator. Perancangan alat pengaman regulator gas LPG berbasis mikrokontroler terdiri dari beberapa blok diagram meliputi: Sensor LPG, Mikrokontroler ATMega 8535,  Buzzer, Driver, dan Motor DC. Alat Pengaman Regulator Gas LPG Berbasis Mikrokontroler berhasil diuji yaitu apabila sensor mendeteksi adanya gas dan tegangan keluaran sensor lebih dari 1 volt, maka motor penutup regulator berputar dan buzzer berbunyi.

Kata kunci: Regulator, LPG, Mikrokontroler.