Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan kreativitas Melalui Metode Bermain Dengan Media Papier Mache untuk Membuat Hasil Karya pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Siti Hajar Malang

NUR CHOTIMAH

Abstrak


ABSTRAK

Chotimah, Nur 2011 Papier Mache untuk Membuat Hasil Karya pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Siti Hajar Malang. Skripsi jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: I) Prof. Dr. H. Sa’dun Akbar, M.Pd; 2) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn.

 

Kata Kunci : Kreativitas, Metode Bermain, Papier Mache, Taman Kanak-kanak

Metode bermain dengan media Peningkatan kreativitas Melalui Metode Bermain Dengan Media papier mache adalah salah satu strategi untuk menangani masalah yang berkaitan dengan kreativitas anak dalam membuat hasil karya. Kegiatan bermain dengan media papier mache dapat dilatihkan sejak usia prasekolah yang merupakan salah satu periode emas perkembangan anak termasuk dalam proses kreativitas anak. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kreativitas anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Siti Hajar Malang. Hal ini ditandai dengan rendahnya kelancaran, imajinasi dan orisinal dalam membuat hasil karya. Guru juga belum memberikan media dan metode yang variatif sehingga kurang menarik minat anak dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode bermain dengan media papier mache untuk membuat hasil karya dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Siti Hajar Malang dan mendiskripsikan peningkatan kreativitas melalui metode bermain dengan media papier mache papier mache untuk membuat hasil karya dapat meningkatkan kreativitas anak. Oleh karena itu disarankan bagi guru dan lembaga Taman kanak-Kanak agar dapat menggunakan metode bermain dengan memanfaatkan media papier mache untuk meningkatkan kreativitas anak dalam proses pembelajaran. Dan bagi peneliti lanjutan agar dapat meneliti penerapan metode bermain dengan media papier mache untuk mengembangkan kemampuan anak yang lain, seperti kognitif, bahasa dan lain sebagainya serta dapat pula dikembangkan untuk pembelajaran kooperatif. untuk membuat hasil karya pada anak kelompok B Taman Kanak- Kanak Siti Hajar Malang.

Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model guru sebagai peneliti, mulai dari tahap identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan di kelompok B Taman Kanak-Kanak Siti Hajar Malang. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan perbandingan data keberhasilan anak pada siklus I sebesar 65,3% dan siklus II sebesar 93,3%. Sedangkan kreativitas dalam membuat hasil karya, skor keberhasilan anak pada siklus I adalah 64,8% dan meningkat pada siklus II sebesar 85,2%. Dalam proses pembelajaran anak nampak sangat senang dan bersemangat dalam melakukakan kegiatan sehingga suasana pembelajaran menjadi kondusif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain dengan media