Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROGRAM SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI UNTUK MENJADI GURU DAN PRESTASI BELAJAR

revika dwi wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti,Revika,Dwi.2010.Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Program Sertifikasi Guru Terhadap Motivasi Menjadi Guru dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang).Skripsi,Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) DR Bambang Sugeng SE,MA,MM,Ak (II) Yuli Widi Astuti SE,M.Si,Ak

 

Kata Kunci: Persepsi, Program Sertifikasi Guru, Motivasi Menjadi Guru, Prestasi Belajar

Sertifikasi guru adalah proses uji kompetensi yang dirancang untuk mengungkapkan penguasaaan kompetensi seseorang sebagai landasan pemberian sertifikat pendidik. Guru yang telah lulus uji sertifikasi akan mendapatkan imbalan seperti yang telah dijanjikan dalam undang-undang Guru dan Dosen. Hal ini dapat membuat mahasiswa termotivasi untuk menjadi guru dan minat siswa untuk dapat menekuni setiap mata kuliah baik keguruan maupun non keguruan menjadi meningkat. Minat mahasiswa yang besar pada mata kuliah keguruan maupun non keguruan ini akan menjadi suatu pendorong bagi mahasiswa untuk menciptakan hasil belajar yang meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Pengaruh langsung persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap motivasi menjadi guru(2)Pengaruh langsung motivasi menjadi guru terhadap prestasi belajar.(3)Pengaruh langsung persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru terhadap prestasi belajar (4) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang program sertfikasi guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang menggunakan metode simple random sampling yang memakai 47 responden mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi assosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuisioner dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analyisis)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru berpengaruh langsung terhadap motivasi mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menjadi guru dengan nilai koefisien beta terstandarisasi 0,484. (2) Motivasi mahasiswa menjadi guru tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien beta terstandarisasi -0,119. (3) Persepsi mahasiswa tentang program sertifikasi guru tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien beta terstandarisasi -0,065. (4) Persepsi mahasiswa tentang program sertifiaksi guru tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar melalaui motivasi menjadi guru.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat diberikan adalah : (1) Mahasiswa diharapkan sebisa mungkin selalu memiliki persepsi yang baik dan positif karena hal ini dapat meningkatkan motivasi mahasiswa menjadi guru. (2) Bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis, disarankan variable yang ingin diteliti lebih diperluas, misalnya :latar belakang sosial ekonomi, lingkungan sosial siswa atau minat siswa sehingga dapat mengungkapklan permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.