Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Permainan Balok Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Kelompok A Di TK Nahdlatul Ulama Pacarkeling-Kejayan-Pasuruan

Khoiril Solihunin

Abstrak


ABSTRAK

 

Solihunin, Khoiril. 2011. Penggunaan Media Permainan Balok Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Kelompok A Di TK Nahdlatul Ulama Pacarkeling-Kejayan-Pasuruan, Jurusan Kependidikan Sekolah Dan Prasekolah Prodi S1 PAUD FIP, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : (1) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn, (2) Wuri Astuti, S.Pd.

 

Kata Kunci : Media Permainan Balok, Kemampuan Kognitif Kelompok A.

Pembelajaran dibidang pengembangan kognitif sangat penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematikanya, pengetahuan akan ruang dan waktu, mempunyai kemampuan untuk mengelompokkan dan memilahmilah, dan mempersiapkan pengembangan kemampuan berpikir teliti, Namun berdasarkan observasi di TK Nahdlatul Ulama pada kelompok A Pacarkeling Kejayan Pasuruan keberhasilan pembelajaran dibidang pengembangan kognitif dalam memahami konsep benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran kemampuan anak masih rendah. Dari 20 anak didik yang ada ditemukan 13 anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan penggunaan media permainan balok untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Nahdlatul Ulama Pacarkeling-Kejayan-Pasuruan ; (2) Mendeskripsikan perkembangan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Nahdlatul Ulama Pacarkeling Kejayan Pasuruan setelah dibelajarkan dengan media permainan balok.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan proses siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan media permainan balok untuk mengembangkan kognitif anak, sedangkan yang menjadi subjek penelitian anak kelompok A dengan jumlah 20 anak dan 2 orang kolaborator (teman sejawat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan balok efektif untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Nahdlatul Ulama Pacarkeling Kejayan Pasuruan. Pada siklus I kemampuan kognitif anak mencapai 65%, meningkat menjadi 80% pada siklus ke II.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pendidik PAUD unruk menggunakan media permainan balok dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam memahami benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran.