Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas V SDN Bukir Pasuruan

Catur Rahayu Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Catur Rahayu. 2011. "Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas V SDN Bukir Pasuruan. Tugas Akhir, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,Program Sarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs.Goenawan Roebyanto,M.Pd.

 

Kata Kunci. Metode Field Trip, Menulis Deskripsi, SD

 

Hasil Tes Awal Siswa Kelas V SDN Bukir Pasuruan sebelum menerapkan metode Field Trip pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis karangan deskripsi yang rendah menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya memahami materi tersebut. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman materi menulis karangan deskripsi yaitu dengan menerapkan metode Field Trip. Metode Field Trip merupakan metode yang mampu menjembatani siswa dalam menulis karangan deskripsi

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode Field Trip dalam pembelajaran metode Field Trip materi menulis karangan deskripsi pada siswa keas V SDN Bukir Pasuruan. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan metode Field Trip untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Bukir Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subyek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN Bukir Pasuruan Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan evaluasi, (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa (1) pedoman observasi, (2) Pedoman wawancara, (3) Kamera, (4) LKS, (5) Soal tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Field Trip dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Peningkatan rata-rata kelas keaktifan siswa dari siklus I dengan nilai 55,81 ke siklus ii dengan  nilai 75,40 sebesar 19,59%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan  nilai 49,15 meningkat menjadi 60,42 dan pada sklus II meningkat menjadi 75,20 dengna persentase 11,27% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,78%, sehingga persentase peningkatan nilai rata-rata kelas pra tindakan ke siklus II sebesar 26,25.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis pada  mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam menulis deskripsi. Selain itu,harapan dari penelitian ini adalah semoga hasil penelitian ini membantu guru, siswa, maupun peneliti lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga mutu pendidikan akan terwujud dengan baik.