Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Merjosari 1 Malang.

Lika Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Lika. 2011. Penerapan Model Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Merjosari 1 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd, (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si.

 

Kata kunci: Model Course Review Horay (CRH), pembelajaran, IPA

Model Course Review Horay (CRH) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bersifat menyenangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetisi secara positif dalam pembelajaran, selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta membantu siswa untuk mengingat konsep yang dipelajari secara mudah.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Merjosari 1 Malang pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru belum menggunakan model pembelajaran secara optimal, guru sudah melakukan percobaan namun pada saat pelaporan cenderung monoton, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rata-rata nilai siswa 58,78 dengan ketuntasan kelas 43,75%, sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Course Review Horay (CRH).

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model CRH pada mata pelajaran IPA, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dengan penerapan model CRH, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model CRH.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif yang dilakukan 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model CRH pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang dengan kompetensi dasar “Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar kita serta sifat-sifatnya” dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah model CRH. Keaktifan siswa pada pembelajaran dengan penerapan model CRH 66,87 pada awal siklus I menjadi 84,97 pada akhir siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 58,78 dan ketuntasan kelas 43,75% sebelum tindakan menjadi rata-rata 79,7 dan ketuntasan kelas mencapai 68,75% pada akhir siklus II. Dengan demikian penerapan model CRH dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan dalam melakukan model CRH ini, hendaknya guru mempersiapkan dengan matang alat dan bahan dalam percobaan serta peralatan yang dibutuhkan dalam model CRH .