Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prototipe Sistem Penjernih dan Sterilisasi Air Sumur Otomatis

Akhmad Abuyazid S

Abstrak


ABSTRAK

 

Prototipe Sistem Penjernih dan Sterilisasi Air Sumur Otomatis merupakan alat yang dapat menjernihkan air sumur yang keruh menjadi jernih yang layak digunakan. Sistem ini menggunakan bahan-bahan alami sebagai penyaring serta menggunakan metode pemaparan radiasi sinar ultraviolet dengan menggunakan lampu UV tipe-C untuk proses sterilisasi air sumur yang keruh. Sensor LDR digunakan untuk mendeteksi tingkat kekeruhan air sumur dan air di bak penampung, sensor ultrasonic digunakan untuk mendeteksi ketinggian air pada bak penampung. Hasil pembacaan dari sensor LDR dan ultrasonic ditampilkan melalui tampilan LCD 16x2. Kontrol utama pada sistem ini menggunakan Arduino Mega 2560.

Pengembangan alat ini berdasarkan pada alat yang diciptakan oleh Megawati, Yudha Arman, Dedi Triyanto yaitu Prototipe Alat Penjernih Air Sumur Otomatis berbasis Mikrokontroler ATMEGA 8535 dari alumni Jurusan sistem komputer Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura. Tahapan dalam pembuatan alat ini adalah: (1) Perancangan, (2) Pembuatan alat, (3) Pengujian per rangkaian dan keseluruhan sistem.

 

Hasil pengujian dalam 10 kali uji coba menunjukkan bahwa rata-rata persentase error sensor LDR dalam mendeteksi cahaya sebesar 0,1%, sensor ultrasonic dapat mendeteksi ketinggian air sesuai alat ukur dengan rata-rata persentase error 3.2%, dan modul driver relay dapat bekerja dengan baik dengan rata-rata persentase error 0%. Keberhasilan sistem dapat bekerja dengan benar dengan rata-rata error 0%. Dengan demikian, seluruh sistem ini dapat digunakan dengan baik sebagai penjernih dan sterilisasi air sumur secara otomatis.