Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Integrasi Smartphone dan Motor Servo sebagai Prototype Home Security System

Adfian Rudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Keamanan merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap individu. Salah satunya adalah keamanan pada rumah. Penelitian ini mengembangkan sistem keamanan rumah yang mengintegrasikan smartphone dan motor servo. Sistem ini digunakan untuk memantau ruangan tertentu berdasarkan sinyal yang terdeteksi oleh sensor. Hasil rekaman dari smartphone akan ditampilkan melalui PC dengan komunikasi wifi. Sistem ini terdiri dari 3 komponen utama, yaitu masukan, proses, dankeluaran.

Komponen masukan terdiri dari sensor PIR HC-SR501, MC-38 ,dan keypad 4x4. Sensor PIR HC-SR501 dan MC-38 digunakan untuk mendeteksi sinyal pada ruangan dan pintu. Keypad 4x4 digunakan untuk memasukkan kata sandi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sistem. Komponen proses menggunakan Arduino Mega2560 untuk mengolah data dari komponen masukan. Selain itu, juga untuk mengontrol komponen keluaran. Komponen keluaran terdiri LCD, motor servo, buzzer, dan lampu LED. LCD untuk menampilkan keadaan sistem dan motor servo untuk menggerakkan smartphone saat sensor mendeteksi sinyal. Selain itu, buzzer sebagai sistem alarm dan lampu LED digunakan untuk penerangan pada ruangan. Tahapan dalam pembuatan alat ini adalah: (1) perancangan, (2) pembuatan alat, (3) pengujian tiap rangkaian dan keseluruhan sistem.

 

Hasil pengujian menunjukkan bahwa persentase sensor PIR HC-SR501 dapat mendeteksi gerakan manusia sebesar 98% dengan jangkauan sampai 2,5 meter, sensor pintu MC-38 dapat mendeteksi keadan pintu terbuka atau tertutup dengan keberhasilan 100%, motor servo dapat bergerak dengan sudut 20° - 160° dengan error dibawah 4%, dan driver relay dapat mengendalikan device lampu dengan persentase 100%. Dalam 10 kali uji coba, hasil persentase keberhasilan implementasi sistem keamanan sebesar 100%. Dengan demikian, seluruh sistem ini dapat digunakan dengan baik, yakni meliputi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah smartphone menjadi CCTV dan dapat dipantau melalui Laptop atau PC.