Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Penyiraman dan Penerangan pada Taman Menggunakan Soil Moisture Sensor dan RTC (Real Time Clock) Berbasis Android

Septian Hari Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Sistem Penyiraman dan Penerangan Pada Taman Menggunakan Soil Moisture Sensor dan RTC (Real Time Clock) berbasis Android merupakan sebuah alat yang dapat melakukan penyiraman dan penerangan secara otomatis dan sesuai dengan jadwal. Untuk menjalankan proses penyiraman digunakan sebuah sensor. Alat ini dapat digunakan bagi masyarakat yang memiliki sebuah taman maupun kebun, yang mana banyak menghabiskan waktunya di luar rumah untuk bekerja. Salah satu upaya untuk dapat membantu proses tersebut dengan memanfaatkan RTC. Sehingga soil moisture sensor berfungsi sebagai pendeteksi kelembaban pada tanah.

Pengembangan perangkat ini tidak lagi menggunakan tombol-tombol sebagai alat bantu menyeting proses penerangan. Tahapan dalam pembuatan perangkat adalah: (1) perancangan, (2) pembuatan alat, (3) pengujian rangkaian secara keseluruhan. Pengujian alat dilakukan dengan menguji setiap blok komponen serta pengujian sistem secara keseluruhan.

 

Hasil pengujian memperlihatkan bahwa soil moisture sensor dapat bekerja dengan baik, sedangkan driver relay sebagai aktuator komponen, seperti lampu dan water pump dapat bekerja sesuai dengan perancangan. Pengujian keseluruhan sistem berjalan dengan baik yaitu ketika kelembaban ≤ 40% pada tiga kondisi waktu yang telah ditentukan maka komponen penyiraman akan ON. Fungsi penerangan yang memanfaatkan aplikasi smartphone sebagai kontrol dengan enam buaht ombol yang memiliki perintah yang berbeda, jika salah satu tombol ditekan maka kondisi ON dan OFF menyesuaikan perintah yang ada pada tombol.