Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mobile Monitor and Control pada Sistem Kandang Ternak Ayam Broiler

Basalim Jabar

Abstrak


ABSTRAK

 

Mobile Monitor and Control pada Sistem Kandang Ternak Ayam Broiler merupakan alat yang dapat mendeteksi lingkungan dan mengendalikan sistem pada kandang ternak ayam broiler. Aplikasi Mobile Monitor and Control di-install pada smartphone Android yang dapat menampilkan suhu di dalam dan di luar kandang yang dideteksi oleh sensor suhu LM35, mendeteksi ketinggian air tandon oleh sensor level, serta dapat mengendalikan sistem pada kandang dengan bantuan komunikasi bluetooth dan Arduino UNO.

Arduino UNO digunakan untuk memroses data dari sensor, selanjutnya hasil pemrosesan data oleh Arduino UNO dikirim ke Android dengan komunikasi bluetooth HC-05. Selain itu, Arduino berfungsi untuk mengendalikan seluruh sistem pada kandang ternak menggunakan driver relay dan IC L293D. Tahapan dalam pembuatan alat ini adalah: (1) Perancangan, (2) Pembuatan alat, (3) Pengujian perrangkaian dan keseluruhan sistem.

 Hasil pengujian menujukkan bahwa sensor LM35 dan sensor level dapat mendeteksi suhu dan level air dengan baik, sedangkan driver relay dapat mengendalikan seluruh device sesuai dengan perancangan. Sehingga seluruh sistem ini dapat digunakan dengan baik, yakni meliputi aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi dan mengendalikan sistem pada kandang secara mobile (berpindah) selama aplikasi dalam jangkauan bluetooth.