Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Kendali Berbasis Smart Relay untuk Green house Tanaman Bunga Krisan

mukhamad nurul ibad

Abstrak


ABSTRAK

 

Ibad, Mukhamad Nurul.2016.Sistem Kendaali  Berbasis Smart Relay untuk Greenhouse Tanaman Bunga Krisan. TugasAkhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs. Slamet Wibawanto, M.T

 

Katakunci:  Sistem Kendali,Smart Relay, Greenhouse, Tanaman Bunga Krisan

Greenhouse adalah sebuah bangunan kontruksi yang berfungsi untuk menghindari dan memanipulasi kondisi lingkungan agar tercipta kondisi lingkungan yang dikehendaki dalam pemeliharaan tanaman.Greenhouse ini menggunakan system kendali berbasis smart relay yang dilengkapi dengan pengaatur suhu,kelembaban,intensitas cahaya,dan penyiraman.Greenhouse ini dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman bunga krisan.

Sistem kendali berbasis smart relay untuk greenhouse tanaman bunga krisan ini menggunakan sensor HSM 20g sebagai pendeteksi suhu dan kelembaban,LDR sebagai pendeteksi intensitas cahaya.Kondisi yang diinginkan adalah: (1) Suhu17° C–30°C; (2) Kelembaban 70%–80% RH; (3) Intensitascahaya 50–200 lux; (4)  Penyiraman menggunakan irigasi tetes dengan waktu 11 jam dari pukul 06.00 – 17.00.

Hasil uji coba yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Jikasuhu didalam greenhouse lebih dari 30°C dan suhu diluar greenhouse kurang dari 30° maka fan 1 menyala dan fan 1 akan mati jika suhu di dalam greenhouse kurang dari 29°C; (2) Jika kelembaban dalam greenhouse kurang dari 70% RH maka sprayer menyala selama 2 menit, jika kelembaban dalam greenhouse lebih dari 80% RH maka fan 2 menyala. ,fan 2 mati jika kelembaban didalam ruangan kurang dari 78% (3) Jika intensitas cahaya kurang dari 50 lux maka atap membuka dan jika intensitas cahaya lebih dari 200 lux maka atap menutup.(4) Jika waktu menunjukan pukul 06.00 maka penyiraman menyala dan jika waktu menunjukan pukul 17.00 maka penyiraman akan mati.