Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Parkir Cerdas untuk Tempat Parkir Mobil Dua Lantai Berbasis Mikrokontroler

Fernanda Yudha Syah Putra

Abstrak


Perkembangan dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangan pesat telah memberikan banyak terobosan terhadap perkembangan masyarakat. Salah satu contoh dari terobosan saat ini adalah adanya sistem parkir cerdas pada tempat parkir yang memiliki lebih dari satu lantai. Sistem ini akan mempermudah pengemudi dalam menemukan tempat parkir yang kosong karena sistem akan memberikan petunjuk kepada pengemudi mengenai parkir yang kosong.

Prototipe sistem parkir cerdas untuk tempat parkir mobil dua lantai berbasis mikrokotroler ini menggunakan bantuan sensor ultrasonic sebagai pendeteksi tempat parkir kosong. Sensor ultrasonic akan memberikan input ke Arduino apakah tempat parkir sedang kosong atau tidak, kemudian pada saat mobil memasuki area tempat parkir maka sistem akan memberikan output berupa tampilan seven segment yang menunjukan tempat parkir yang kosong, hasil cetakan printer thermal yang menunjukkan nomor parkir untuk pengguna, dan juga tampilan pada interface­ Delphi

Sistem Parkir Cerdas untuk Tempat Parkir Dua Lantai ini menggunakan suatu papan elektronik yang mengandung mikrokontroler yang digunakan untuk membantu mewujudkan rangkaian elektronik mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Tahapan dalam pembuatan prototipe ini terdiri dari:

(1) perencanaan,

(2) proses perancangan,

(3) pembuatan alat, dan

(4) pengujian.