Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rancang Bangun Simualtor Sistem Jaringan Distribusi Pada Jenis Jaringan Loop dan Jaringan Express

Muhammad Rizqi Al Ghaniy

Abstrak


ABSTRAK

Ghaniy, Muhammad Rizqi Al. 2018. Rancang Bangun Simualtor Sistem Jaringan Distribusi Pada Jenis Jaringan Loop dan Jaringan Express. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: A.N. Afandi, S.T., M.T., Ph.D

Kata kunci: Rancang bangun, Jaringan Distrbusi, Loop, Express

Sistem jaringan distribusi yang merupakan bagian dari sebuah sistem kelistrikan yang memiliki peran dalam kontiyuitas penyaluran tenaga listrik dari pembangkit menuju ke beban (konsumen). Untuk memahami bagaimana proses kerja pada jaringan distribusi tenaga listrik, selain memahami secara langsung di lapangan, maka diperlukan juga sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran tersebut dapat berupa buku atau referensi dan juga sebuah simulator sistem jaringan distribusi. Simulator tersebut nantinya akan menggambarkan sebuah sistem sistem jaringan distribusi sebenarnya.

Pada penyusunan tugas akhir ini dilakukan “Rancang Bangun Simualtor Sistem Jaringan Distribusi Pada Jenis Jaringan Loop dan Jaringan Express”. Alat dirancang dengan spesifikasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya akan tetapi sumber tegangan 20 V yang digunakan merupakan perumpamaan dari tegangan 20 kV, kontaktor sebagai Pemutus tenaga (PMT), Thermal Over Load Relay (TOR) sebagai Over Current relay (OCR). Metode pengujian dilakukan dengan cara menjalankan sistem sesuai fungsi kerja dari jenis jaringan loop dan jaringan express kemudian menghubungkannya ke beban pada pengujian ini, serta sumber yang digunakan ada dua yaitu satu fasa dan tiga fasa.Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan data losses untuk sumber satu fasa pada trainer loop sebesar R = 0,31 mW; S = 0,07 mW; T = 0,01 mW dan pada trainer express sebesar R = 0,01 mW; S = 0,02 mW; T = 0,02 mW sedangkan data losses yang didapatkan dengan sumber tiga fasa pada trainer loop sebesar R = 0,17 mW; S = 0,05 mW; T = 0,01 mW dan pada trainer express sebesar R = 0,40 mW; S = 0,05 mW; T = 0,27 mW. Pada setiap data pada kedua trainer terdapat perbedaan tiap datanya akan tetapi perbedaan yang nilai data yang didapatkan keduanya tidak terlalu besar selisihnya.