Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

tokoh rama dan sinta sebagai sumber inspirasi penciptaan karya lukis

sofi barri

Abstrak


ABSTRAK

 

Barri, Sofi. 2018. Tokoh Rama dan Sinta Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd., (II) Fenny Rochbeind, S.Pd., M.Sn.

 

Kata Kunci: Tokoh Rama dan Sinta, Penciptaan, Seni Lukis, Representasional.

Tokoh Rama dan Sinta merupakan tokoh utama dalamcerita Ramayana. Ramayana adalah sebuah kisah kepahlawanan India sehingga tersebar dikepulauan Jawa dan menjadi kebudayaan Indonesia yaitu pewayangan Jawa. Kisah cinta Rama dan Sinta yang luar biasa dalam perjalanan hidupnya, akhirnya dikenang dan menjadi salah satucerita yang sangat popular dipewayangan.Dari kisah tersebut memiliki nilai-nilai kebaikan dan pesan moral bagi masyarakat Jawa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian penciptaan eni yang memaparkan penciptaan seni lukis representasioanl. Model proses kreatif Chaterina Patrick digunakan sebagai pedoman berkarya lukis mulai dari tahap persiapan, tahap penetasan, tahap inspirasi, dan tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan proses kreatif dimulai dengan mewujudkan ide, konsep , dan tema kedalam enam karya lu kis representasional dengan menampilkan objek utama tokoh Rama danSinta.

Pencipta menampilkan enam karya lukis dengan media estetik berupa garis, bentuk, dan warna sebagai simbolisasi dari konsep.Karakteristik dari keenam lukisan ini adalah objek utama tokoh Rama dan Sinta yang direpresentasikan secara ekspresif. Pada perwujudan objek utama figur manusia terjadi pengubahan bentuk tetapi masih dapat dikenali bentuk aslinya.

Proses visualisasi karya memaparkan teknik, alat, dan bahan yang digunakan dalam berkarya kreatif, dilanjutkan dengan langkah perwujudan karya mulai dari membuat sketsa di atas kertas lalu memindahkan kekanvas. Proses pewarnaan menggunakan teknik gradasi dan teknik plakat, diakhiri dengan proses finishing karya.

Melalui karya penciptaan ini, diharapkan mendapat apresiasi yang positif dari masyarakat sebagai apresian. Sesuai pesan moral melalui tokoh Rama dan Shinta membuat masyarakat memahami cerita Ramayana bukan hanya melalui pewayangan tetapi terimplementasikan di dalam kehidupan sehingga tumbuh rasa penghargaan terhadap nilai-nilai budaya lokal yang perlu dilestarikan.