Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Miniature Transformator Sebagai Penunjang Model Sistem Pembangki Tenaga Listrik Menggunakan Tegangan Rendah

Nur Rochim

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochim, Nur. 2018. Miniatur, Transfomator, Sebagai Penunjang Model Sistem Pembangkit Tenaga Listrik Menggunakan Tegangan Rendah. TugasAkhir, Jurusan Vokasi Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang.

 

Kata Kunci :Miniature Transformator, Pembangkit, Tegangan Rendah

Miniature Transformator Sebagai Penunjang Model Sistem Pembangki Tenaga Listrik Menggunakan Tegangan Rendah memanfaatkan sebuah Miniature transformator sebagai sebuah pembangkit tenagalistrik yang prinsip kerjanya dapat menaikan dan menurunkan tegangan dimana proses tersebut harus melalui perhitungan pada komponen seperti jumlah lilitanpada kern, luas kern, dan ukuran kawat email yang dibutuhkan. Pembuatan miniature ini dikarenakan keterbatasan mahasiswa dalam proses pembelajaran mata kuliah sehingga dibuatlah sebuah miniature sebagai media mahasiswa untuk mengetahui sistem kerja dari transformator sebenarnya. Miniatur ini menggunakan sumber tegangan pada stop kontak sebagai pengganti sumber dari sebuah generator, dari stop kontak ini didapatkan tegangan sebesar 220 Volt danarus 2 Ampere. Setelah sumber di dapatkan kemudian tegangan akan dinaikan menggunakan Miniatur Transformator hingga mencapai tegangan ekstra tinggi 500 Volt, kemudian diturunkan bertahap sesuai dengan kondisi sebenarnya menjadi 150 Volt, 70 Volt, dan 20 Volt. Pengujian Miniature dilakukan dengan cara mengukur tegangan dan arus yang dihasilkan oleh transfomator.

Pembuatan miniatur ini bertujuan untuk mempermudah pembelajaran mengenai Sistem Transmisi Tenaga Listrik dari proses penghasilan energy listrik oleh pembangkit sampai energy yang dihasilkan tersebut dapat digunakan oleh konsumen. Hasil dari pembuatan alat ini terdiri dari media transformator, trainer dan modul penggunaan trainer.