Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X Semester 2 Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Ayil Laili

Abstrak


ABSTRAK

 

Bahan ajar merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pendidik akan lebih terbantu dengan tersedianya bahan ajar, terlebih apabila bahan ajar tersebut sesuai dengan kurikulum sekolah. Pada kenyataannya bahan ajar yang tersedia masih terpaku pada kurikulum lama, sehingga menyebabkan pendidik kesulitan menyelaraskan materi pada kurikulum terbaru dengan bahan ajar tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, diketahui bahwa belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum agar tujuan dari sebuah pembelajaran tercapai.

Pengembangan ini bertujuan untuk membuat bahan ajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik yang belum tersedia di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dan menguji kelayakan serta keefektifan bahan ajar bagi peserta didik kelas X semester 2. Bahan ajar ini berbentuk modul cetak berbasis strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) yang telah terbukti dapat membantu peserta didik dalam memahami hingga menghapal informasi atau materi yang telah dibaca dan dipelajari.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari tiga model pengembangan, yakni model pengembangan ADDIE, Dick and Carrey dan Borg and Gall. Dengan langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan bahan ajar; (2) desain pengembangan; (3) mengembangkan bahan ajar; (4) merancang & mengembangkan evaluasi formatif; (5) revisi akhir bahan ajar; dan (6) penyebarluasan bahan ajar. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebagai uji kelayakan. Dengan menggunakan jenis data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dari validator isi dan format bahan ajar serta responden. Sedangkan data kualitatif berupa saran, kritik dan pendapat seluruh subjek uji coba. Setelah angket dan seluruh data dari validator isi dan format terkumpul, akan dilakukan analisis data dengan uji validasi. Apabila bahan ajar tersebut valid, maka siap untuk diuji kelayakan kepada responden. Setelah angket dan seluruh data dari responden terkumpul, akan dilakukan uji kelayakan  dan keefektifitasan dari bahan ajar yang telah dikembangkan .

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil review validator isi didapatkan skor 95,5% dengan kriteria sangat valid, hasil review validator format didapatkan skor 96,5% dengan kriteria sangat valid, uji coba perseorangan didapatkan skor 85,87% dengan kriteria sangat valid. uji coba kelompok kecil didapatkan skor 80,51% dengan kriteria sangat valid dan uji lapangan didapatkan skor 84,46% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan paparan data skor tersebut, modul Pekerjaan Dasar Elektromekanik berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Kelas X Semester 2 Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.