Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DIBANDINGKAN DENGAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN BUKU AJAR DASAR PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK di SMKS 3 PGRI KOTA MALANG

Yoga .

Abstrak


ABSTRAK

 

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen pendukung dalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMKS 3 PGRI Kota Malang diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran dasar pengukuran listrik adalah model pembelajaran yang masih terpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dan kurang memahami materi yang dipelajari akibatnya berdampak pada hasil belajar. Untuk membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif dalam berfikir serta dapat meningkatkan hasil belajar maka perlu diterapkannya model pembelajaran yang berbeda tujuan belajar dapat dicapai dengan optimal. Model pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learningdapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group desain. Dalam desain pola nonequivalent control group design kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelompok yang menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kelas eksperimen satu adalah kelas yang diajar menggunakan model problem solving sedangkan kelas eksperimen dua adalah kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji hipotesis.Berdasrkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik kelas X Pembangkit Tenaga Listrik A yang menggunakan model pembelajaran problem solving ranah sikap diperolehnilai rata-rata 87,04, ranah pengetahuan 83,30, dan pada ranah keterampilan 87,04. (2) ) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik kelas X Pembangkit Tenaga Listrik B yang menggunakan model pembelajaran discovery learningranah sikap diperolehnilai rata-rata 93, ranah pengetahuan 86,76, dan pada ranah keterampilan 90,8. (3) hasil analisis signifikansi perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik menggunakan model pembeajaran problem solving dengan model pembelajaran discovery learning diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang siginifikansi rata-rata hasil belajar pada ranah sikap siswa, ada perbedaan yang siginifikansi rata-rata hasil belajar pada ranah pengetahuan siswa, dan tidak ada perbedaan yang siginifikansi rata-rata hasil belajar pada ranah keterampilan siswa.

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving, Model Pembelajaran Discovery Learning.

 

ABSTRACT

  The learning model is one of the supporting components in learning activities that can improve the quality of learning and learning outcomes.Based on the observation in SMKS 3 PGRI Malang, it is known that the instructional model used in the basic subject of electrical measurement is the learning model that is still centered on the teacher so that the students become passive and less understanding of the learning material, it consequently impacts on the learning outcomes.To make students become more active, creative thinking can improve the learning outcomes, it is necessary to apply different learning models, so learning objectives can be achieved optimally.Learning modelProblemSolving andDiscovery Learning can beusedasalternative learning models that canimprove the results of student learning.The purpose of this research is: (1) To know the description of learning outcomes on subjects Basic Electrical Measurement using problem-solving model of class X students of Power Generation Technique in SMKS 3 PGRI Malang, (2) To know the description of learning outcomes in subjects Basic Electrical Measurement using mind-map model of class X students of Power Generation Technique at SMKS 3 PGRI Malang, (3) To know whether or not there is difference of learning result on Basic Element of Electricity Element using model of problem-solving and discovery learning student class X of Power Generation Engineering at SMKS 3 PGRI Malang.This research uses a quasi-experimentaldesign with nonequivalent control group design.In the design of nonequivalent control group design the experimental group or control group is not randomly chosen.The sample in this research uses two classes, that is a group which usesproblem-solving learning model and a group using discovery learning model.The experiment class is a class that is taught using problem-solving modelwhile the control class is a class that is taught using discovery learning model.The research instrument consists of research instruments and measurement instruments.The data analysis technique used quantitative statistical analysis to analyze the students' initial ability data and student learning outcomes consisting of normality test, homogeneity test, two-point equality test, and hypothesis test.Based on the results of the research and data analysis that has been done, then it can be concluded that: (1) student learning outcomes on the subjects Basic Electrical Measurement class X Power Station A using problem-solving learning model of attitude aspect obtainedan average score of 87.04, the knowledge domain of 83.30, and in the skill domain 87.04.(2) student learning outcomes on Basic Electrical Measurement element class X Power Station B using discovery learninglearning modelacting aspect is gainedthe average value of 93, the realm of knowledge 86.76, and in the realm of skills 90.8.(3) the result of the analysis of the significance of the difference of learning outcomes on the subjects of Basic Electrical Measurement using a teaching modelproblem solving with learning modeldiscovery learning is known that there is no significant difference in the average of learning outcomes in the student attitude aspect, there is a difference that signifies the average result learning in the realm of students knowledge, and there is no difference that signifies the average of learning outcomes in the student skill domain.

Keywords: Learning Outcomes, ProblemSolving Learning Model,Discovery Learning Model.