Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 6 MALANG

Imam Syafii

Abstrak


ABSTRAK

 

Syafii. Imam. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMKN 6 Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.ST.,M.Pd. (2) Ahmad Fahmi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD, aktivitas belajar, hasil belajar.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Ototronik 2 SMKN 6 malang, diketahui bahwa kegiatan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik. Pada saat kegiatan pembelajaran TDE siswa terlihat mengantuk dan bosan. Dari 32 siswa dikelas X Ototronik 2, hanya sekitar tujuh sampai sembilan siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa rendah yaitu hanya 36% siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan rata-rata nilai 65. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X teknik ototronik SMKN 6 Malang.

Penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X Ototronik 2 semester ganjil tahun ajaran 2018-2019 SMKN 6 Malang yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru.

Hasil penelitian belajar untuk ranah pengetahuan menunjukkan penerapan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) memiliki rata-rata 68 dengan persentase ketuntasan siswa 48.48% pada siklus I, selanjutnya rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan siswa 78.78% pada siklus II, dan rata-rata 75 dengan persentase ketuntasan 100%. Untuk persentase hasil belajar ranah sikap menunjukkan predikat yang diperoleh siswa sebanyak dengan predikat C (cukup) rata-rata 72.6 pada siklus I, B (baik) rata-rata 88.4 pada siklus II dan SB (sangat baik) rata-rata 93.4. Sedangkan rata-rata hasil belajar ranah keterampilan  meningkat disetiap siklusnya sebesar 70.6 pada siklus I, 79.2 pada siklus II dan 88.3 pada siklus III. Aktivitas yang dinilai adalah kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental dan emosional. Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata semua indikator dari 67.64% siklus I, 79.61% pada siklus II dan 91.43 pada siklus III.

 

ABSTRACT

 

Syafii. Imam. 2018. The Implementation of Cooperative Type of Student Teams Achievement Division (STAD) to Increase Students Learning Activities and Achievement Subject of Basic Techniques Electronics of  Class X Ototronik Engineering of SMKN 6 Malang. Sarjana’s Thesis, S1 Education Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang, Advisors: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.ST.,M.Pd. (2) Ahmad Fahmi, S.T., M.T.

 

Key Words: Cooperative Learning STAD, learning activities, learning outcomes.

Based on observations made in class X Ototronik 2 SMKN 6 unfortunate, it is known that the learning activities are less performing well. At the time of learning activities EFT students look sleepy and bored. Of the 32 students in class X Ototronik 2, only about seven to nine students who actively participates in the learning process. Student learning outcomes low at only 36% of students who scored above KKM with an average value of 65. Based on these problems, it is necessary to research on the application of learning that can activity and student learning outcomes. One corrective action is with the application of cooperative model type of student teams achievement division (STAD) to enhance the activity and results of class X student engineering ototronik SMKN 6 Malang.

This study refers to the model of classroom action research (PTK) carried out in three cycles of action. Subjects used in the study of this class action is class X Ototronik second semester of the school year 2018-2019 SMKN 6 Malang totaling 32 students. In this study, the data obtained in the form of activity and student learning outcomes as well as supporting data in the form of teacher activity.

Results of the research study to the realm of knowledge demonstrate the applicability of cooperative model type of student teams achievement division (STAD) has an average of 68 by the percentage of completeness students 48.48% in the first cycle, then an average of 72 by the percentage of completeness students 78.78% in the second cycle, and an average of 75 by the percentage of completeness 100%. To learn realm percentage yield shows the predicate obtained attitude of students as much as the predicate C (quite) an average of 72.6 in the first cycle, B (good) an average of 88.4 on the second cycle and SB (very good) an average of 93.4. While the average realm of skills improved learning outcomes in each cycle of 70.6 in the first cycle, second cycle and 79.2 to 88.3 in the third cycle. Activity assessed activities of visual, verbal, listening, writing, drawing, metrics, mental and emotional. Student activity increased from an average of 67.64% of all the indicators of the first cycle, the second cycle of 79.61% and 91.43 in the third cycle.