Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN TRAINER SMART TRAFFIC LIGHT BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MATA KULIAH INSTRUMENTASI INDUSTRI (PTEL619) JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Alfian Rizky Maulana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizky Maulana, Alfian. 2017. Pengembangan Trainer Smart Traffic Light Pada Mata kuliah Instrumentasi Industri (PTEL619)  Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Prodi S1 PendidikanTeknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu Mata Kuliah Instrumentari Industri menyatakan bahwa belum adanya media pembelajaran yang menunjang pembahasan mata kuliah instrumentasi industri pada bahasan “rangkaian digital untuk keperluan instrumentasi dan kontrol”, sehingga dikembangkan media pembelajaran berupa alat trainer dengan mengacu model pengembangan ADDIE. Penulis memilih pengembangan trainer smart traffic light sebagai media pembelajaran disertai dengan jobsheet dan buku petunjuk penggunaan.

Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli media, ahli materi, dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Validasi menggunakan angket rating scale yang kemudian dianalisis. Analisis data yang diperoleh digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Produk yang dikembangkan pada penelitian ini berupa trainer smart traffic light yang disertai dengan jobsheet, dan buku petunjuk penggunaan trainer. Tahap pertama dilakukan validasi oleh para ahli yang kemudian dilanjutkan dengan menguji cobakan trainer pada mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam ujicoba adalah mahasiswa angkatan 2012 ke atas jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh matakuliah Instrumentasi Industri. Persentase yang diperoleh pada validasi ahli media 89,2%, ahli materi 94%, dan hasil uji coba kelompok kecil 92,06% kelompok besar 94,3%. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid secara keseluruhan. Dari kriteria yang didapatkan menunjukkan produk dinyatakan layak dan sangat baik digunakan serta dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran.