Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPRIBADIAN BELAJAR DAN EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN PASURUAN

Mohammad Khurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Khurniawan, Mohammad. 2017. Pengaruh kepribadian belajar dan efektivitas proses pembelajaran terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X jurusan teknik elektronika industri di SMK Negeri Se-Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi C.P., M.Pd, M.T (II) Drs. Dwi Prihanto., S.T., S.ST., M.Pd.

 

Kata Kunci:kepribadian belajar, efektivitas proses pembelajaran, prestasi belajar.

 

            Berdasarkan pengamatan dan interaksi dengan siswakelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK Negeri Se-Kabupaten Pasuruan, Prestasi belajar siswa dirasakan kurang optimal. Kepribadian belajar merupakan aspek penting untuk mendukung kegiatan belajar yang baik.Efektivitas proses pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar, karena proses pembelajaran yang efektif dapat menunjang prestasi belajar siswa. Kepribadian dan efektivitas proses pembelajaran yang ada mampu meningkatkan prestasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan kepribadian belajar (X1); (2) mendeskripsikan efektivitas proses pembelajaran (X2); (3) mendeskripsikan prestasi belajar (Y); (4) mengetahui signifikansi hubungan antara X1 dengan Y; (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan Y; (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y pada siswa kelas X SMK Negeri Jurusan TEI di Kabupaten Pasuruan.

Penelitian kuantitatif ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Responden penelitian adalah siswa SMK kelas X Jurusan TEI di Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Nilai reliabilitas variabel X1 sebesar 0,728, dan variabel X2 sebesar 0,740. Untuk mengungkap hubungan X1 dengan Y dan hubungan X2 dengan Y menggunakan analisis korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan analisis regresi linear ganda.

Hasil penelitian: (1) Y dikategorikan tinggi sebesar 69%; (2) X1 dikategorikan baik sebesar 73%; (3) X2 dikategorikan efektif sebesar 76%; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (5) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y; (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1dan X2 secara simultan dengan Y.

Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kepribadian belajar dengan prestasi belajar; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara efektivitas proses pembelajaran dengan prestasi belajar; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kepribadian belajardan efektivitas proses pembelajaransecara simultan dengan prestasi belajar.