Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK

Weamas Caprinsa Fathir

Abstrak


Pemanfaatan media pembelajaran berbasis e-learning masih kurang dioptimalkan oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang didapatkan bahwa (1) permasalahan percepatan materi yang terpotong dengan kegiatan pratik kerja industri, dan (2) banyaknya siswa mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu sekitar 60%. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji sebuah produk media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Sistem Komputer kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK.

 

Pada pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi.

 

            Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning  mata pelajaran Sistem Komputer ini telah di validasi dan diuji cobakan kepada siswa SMKN 10 Malang. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 86,05% (sangat layak) dan ahli media mendapatkan persentase 89,40% (sangat layak). Sedangkan uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 85,81% (sangat layak) dan uji coba lapangan mendapatkan persentase 88,12% (sangat layak). Kesimpulan dari hasil uji coba dilakukan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 87,34% sehingga disimpulkan sangat layak untuk digunakan.