Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Battery Analyzer Prototype dan Charger berbasis Arduino

Hafiis Yasin Firdauzi

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdauzi, Hafiis Yasin. 2017. Battery Analyzer Prototype dan Charger berbasis Arduino. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: I Made Wirawan S.T., S.S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Battery Charging, Battery Discharging, Sensor Arus ACS 712

Semakin pesatnya perkembangan teknologi menuntut segala sesuatu untuk  lebih efisien dan cermat. Salah satu perkembangn teknologi yang dimaksud ialah battery. Pada jaman sekarang penggunaan battery masih banyak diminati oleh banyak perusahaan untuk menjadikannya sebagai catu daya untuk suatu produk yang dihasilkan. Berbagai jenis battery yang diciptakan banyak yang hanya dapat digunakan sekali pakai sehingga banyak battery yang terbuang dan mayoritas menjadi limbah yang tentunya efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Ada solusi untuk menghindari adanya limbah yang dihasilkan pada battery sekali pakai (Non Re-chargeable) yaitu menggunakan battery yang dapat diisi (Re-chargeable) dengan lebih banyak manfaat dan efisiensi yang diperoleh dari kriteria battery Re-chargeable tersebut. Masyarakat juga bisa menguji berapa lama battery dapat bertahan hidup, menguji kualitas battery yaitu dengan pembuatan alat yang berjudul Battery Analyzer Prototype dan Charger berbasis Arduino.

Battery Analyzer Prototype dan Charger berbasis Arduino tersebut menggunakan sensor Arus712 sebagai pendeteksi arus pada battery, menggunakan mosfet IRFZ44N sebagai  saklar pada mode pengisian serta mosfet IRF9540N untuk saklar pada mode pengosongan, dan LCD sebagai penampilan hasil keluaran. Tujuan dari tugas akhir battery analyzer prototype dan charger berbasis arduino ini adalah: (1) untuk merancang dan membuat alat battery analyzer prototype dan charger berbasis arduino; (2) untuk dan mengamati hasil pengujian alat battery analyzer prototype dan charger berbasis arduino.

 

Hasil uji coba yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) uji coba sensor Arus ACS712 dengan menggunakan Arduino Uno telah mampu mendeteksi arus pada battery; (2) uji coba LCD dalam menampilkan hasil keluaran alat telah berhasil menampilkan beberapa tampilan yang sesuai; (3) uji coba keseluruhan alat battery analyzer prototype dan charger berbasis arduino telah berhasil mengisi dan mengosongkan serta membaca kapasitas battery. Dengan demikian sistem alat mengisi dan mengosongkan serta membaca kapasitas battery.