Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar E Learning Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Untuk Mata Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik ElektroFakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Moh Sholihuddin

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholihuddin, Moh. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E Learning Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Untuk Mata Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik ElektroFakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) A. N. Afandi, S.T., M.T., Ph.D., (II) Drs.  Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, e-learning, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro FT UM. Pada mata kuliah ini dibahas mengenai jenis-jenis pembangkit, yang salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Berdasarkan wawancara dan observasi kepada dosen pengampu serta mahasiswa yang telah menempuh matakuliah tersebut, diketahui bahwa belum ada bahan ajar yang sesuai dengan katalog matakuliah tersebut, dan bahan ajar yang digunakan selama ini hanya berupa power point yang dibuat oleh mahasiswa. Selain itu, Jurusan Teknik Elektro FT UM telah memiliki sistem ­e-learning sendiri, namun berdasarkan wawancara dengan admin ­e-learning diketahui jika e-learning tersebut masih kurang dimanfaatkan dalam proses perkuliahan, sertabahan ajar yang diunggah ke ­e-learning masih minim.

Tujuan dari pengembangan ini adalah merancang, mengembangkan, serta menguji kelayakan bahan ajar e-learning PLTD. Bahan ajar tersebut kemudian akan diunggah ke sistem e-learning Jurusan Teknik Elektro FT UM. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono, denga ntahap-tahap yang dilakukan antara lain adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal.

 

Produk dari pengembangan bahan ajar e-learning PLTD ini berupa modul digital dengan tipe file PDF, serta video dengan tipe file MP4. Produk pada pengembangan ini telah divalidasi oleh ahli serta diujicobakan kepada mahasiswa. Hasil uji validasi modul oleh ahli memperoleh persentase sebesar 85,71% (sangat valid), hasil uji coba produk memperoleh persentase sebesar 89,10% (sangat layak), dan hasil uji coba pemakaian memperoleh persentasesebesar 87,38% (sangat layak). Sedangkan hasil validasi video oleh ahli memperoleh persentase sebesar 93,75% (sangat valid), hasil uji