Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Desa Sidomulyo Kota Batu

Yulia Nikmatul Firdaus

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) merupakan pembangkit listrik berskala kecil (output kurang dari 100 kW) yang memanfaatkan tenaga air sebagai sumber penghasil energinya (Firmansyah, 2015). Tenaga air dapat diperoleh dari potensi aliran sungai. Potensi sungai di wilayah Malang, memiliki jumlah yang besar yang belum termanfaatkan sebagai sumber listrik alternatif. Pemanfaatan sungai agar mendapatkan hasil yang optimal dibutuhkan perancangan sistem pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Perancangan pembangkit listrik tenaga mikrohidro memiliki beberapa tahapan awal. Tahapan tersebut antara lain survey data lapangan, studi literatur, pengolahan data dan perencanaan pembangkit listrik mikrohidro (Jaya, 2015). Selain itu juga membahas penggunaan jenis turbin, penggunaan generator, sampai kepada konversi aliran air menjadi sumber energi listrik.

 

Dari hasil perhitungan debit sebesar 1,5 m3/s, maka akan dirancang sebagai berikut: (1) bak penenang dengan volume 2,25 m3 (2) turbin kaki angsa dengan ukuran diameter 180 cm (3) transmisi mekanik menggunakan puli dan sabuk dengan perbandingan 0,28 m pada turbin dan 0,038 pada generator (4) penggunaan generator DC yang tidak membutuhkan banyak putaran untuk menghasilkan listrik (5) menggunakan aki basah dengan kapasitas 12V-35Ah (6) menggunakan inverter 500W (7) beban 5 bohlam LED dengan masing – masing daya 7 watt 12 VDC sebagai penerangan jalan umum.