Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Data Logger Pemakaian Energi Listrik pada Kamar Kost Berbasis Mikrokontroler

Fisal Maulana Karimulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tempat tinggal sementara atau kost maka banyak yang memanfatkan ini sebagai peluang usaha dengan membuat kost-kostan. Namun pada sebuah kamar kost banyak penghuni yang menggunakan listrik secara berlebihan dan membuat tagihan listrik semakin banyak yang dapat merugikan pemilik kost. Dalam hal ini sangat penting bagi pemilik kost agar dapat mengontrol penggunaan energi listrik pada setiap kamar, maka perlu adanya data logger (pengambilan data) penggunaan energi listrik setiap kamar.

Data logger adalah suatu alat elektronik yang berfungsi mencatat data dari waktu ke waktu secara continue. Hardware utama dari sistem ini adalahArduino Uno R3dimanaArduino berfungsi sebagai pengontrol sistem . Dalam system ini sensor yang digunakan adalah sensor Arus ACS 712 yang berfungsi sebagai pendeteksi arus dan sensor Tegangan ZMPT 101 B yang berfungsi sebagai pendeteksi tegangan.Untuk menampilkan hasil deteksi arus dan teganga nditampilkan pada layar LCD berukuran 20x04.

 

Pengujian sistem Data Logger Pemakaian  Energi Listrik Pada Kamar kost Berbasis Mikrokontroller diketahui hasilnya sebagai berikut : (1) pengujian arduino R3 (2) pengujian sensor tegangan menggunakan ZMPT 101 B (3) pengujian sensor arus ACS 712(4)  pengujian keseluruhan.