Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prototype Pengontrolan Kecepatan Dan Monitoring Suhu Motor Kapasitor 1 Fasa Menggunakan Handphone Melalui Media Bluetooth

Bisan Bandaran Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Monitoring adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran tentang apa yang ingin diketahui. Monitoring akan memberi informasi  tentang status dan kecendrungan bahwa pengukuran dan evaluasi yang diselesaikan berulang dari waktu ke waktu, pemantuan umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu . dengan adanya teknologi dapat memanfaatkan dan digunakan sebagai monitoring motor listrik 1 fasa menggunakan handphone melalui media bluetooth.

Pengontrolan motor listrik 1 fasa menggunakan arduino sebagai mikrokontrolernya. Kontrol motor 1 fasa menggunakan sebuah aplikasi smartphone yang berkomunikasi secara serial dengan modul bluetooth HC-05. Alat ini juga memonitoring secara otomatis dengan menggunakan sensor suhu LM35 yang akan memantau suhu pada motor kapasitor 1 fasa.

Tahapan dalam merancang prototipe Pengontrolan Kecepatan Dan Monitoring Suhu Motor Kapasitor 1 Fasa Menggunakan Handphone Melalui Media Bluetooth meliputi: (A) perancangan; (B) langkah pembuatan; (C) langkah pengujian; (D)hasil pembuatan prototipe Pengontrolan Kecepatan Dan Monitoring Suhu Motor Kapasitor 1 Fasa.

 

Pengujian prototipe Pengontrolan Kecepatan Dan Monitoring Suhu Motor Kapasitor 1 Fasa dilakukan pada tiap tiap titik yang telah ditentukan. Hasil pengujian pada prototipe ini meliputi: (1) Pengujian Modul Bluetooth HC-05 Dan Aplikasi Pada Smartphone; (2) Pengujian Dimmer; (3) Pengujian Motor Kapasitor; (4) Pengujian Sensor Suhu LM35; (5) Pengujian Keseluruhan Sistem yang dapat disimpulkan bahwa prototipe Pengontrolan Kecepatan Dan Monitoring Suhu Motor Kapasitor 1 fasa dapat  bejalan dan berfungsi dengan baik, serta hasil sesuai dengan yang diharapkan yaitu motor kapasitor dapat dikontrol dengan kendali melalui aplikasi smartphone menggunakan komunikasi serial berbasis bluetooth sehingga dapat berputar dengan keadaan pelan, sedang, cepat dan berhenti .serta menampilkan suhu motor kapasitor pada aplikasi smartphone.