Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Desa Sidomulyo Kota Batu

Widyasti Habsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kebutuhan energi listrik yang meningkat melahirkan peraturan pemerintah No. 3 tahun 2005 yang dijabarkan pada pasal 2. Peraturan pemerintah tersebut menyatakan prioritas penggunaan sumber energi setempat dengan kewajiban mengutamakan pemanfaatan sumber energi terbarukan. Mikrohidro merupakan salah satu energi terbarukan yang sumber dari daya aliran sungai di wilayah Indonesia. Wilayah yang berpotensi dibangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Berdasarkan potensi yang dimiliki, diperlukan penelitian studi kelayakan.

Studi kelayakan meliputi studi kelayakan potensi dan studi kelayakan teknis. Studi kelayakan potensi merupakan studi potensi daya air dan lokasi. Studi kelayakan teknis merupakan studi identifikasi berdasarkan kuantitatif teknis untuk menentukan lokasi potensi sudah memenuhi kriteria  kelayakan secara aspek teknis atau tidak. Studi kelayakan teknis meliputi studi kelayakan hidrologi, sipil, mekanikal dan elektrikal.

 

 Data hasil yang diperoleh berdasarkan studi kelayakan sebagai berikut: (1) studi kelayakan potensi, lokasi di Desa Sidomulyo Kota Batu memiliki potensi yang memiliki daya elektrikal air sebesar 0,9 kW dan daya mekanik sebesar 0,4 kW. (2) studi kelayakan hidrologi: debit andalan dari Flow Duration Curve debit yang dihasilkan konstan. Kelayakan jenis tanah potensi korosi sedikit. (3) studi kelayakan sipil: bangunan mikrohidro berada dilokasi saluran irigasi sehingga biaya yang dikeluarkan murah. (4) studi kelayakan mekanikal dan elektrikal: turbin memenuhi standar berdasarkan prinsip kerja dan pembuatannya, generator DC digunakan jenis shunt, transmisi yang digunakan transmisi tak langsung, panel kontrol sesuai dengan standar minimum kelayakan kontrol daya, jaringan transmisi tinggi tiang belum memenuhi standar kelayakan tiang.