Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Deteksi Dini Hubung Singkat Pada Bangunan Menggunakan RF Module

Luqman Fadhilatus Samiin

Abstrak


ABSTRAK

 

Hubung pendek atau yang biasa disebut dengan hubung singkat merupakan arus lebih yang diakibatkan oleh gangguan impedans yang sangat kecil mendekati nol antara dua penghantar aktif yang dalam kondisi operasi normal berbeda potensialnya (short circuit current) (PUIL 2000). Proses identifikasi letak penyebab hubung singkat yang saat ini terbilang masih cukup lama dapat menimbulkan kerugian yang besar baik waktu maupun finansial. Untuk dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam menemukan letak penyebab hubung singkat, diperlukan sistem yang dapat mendeteksi dimana letak hubung singkat.

Pendeteksian letak hubung singkat dapat dilakukan dengan menggunakan sensor arus ACS712 yang mempunyai range +30A. Data arus yang diperoleh diolah dengan menggunakan mikrokontroler Arduino Nano untuk dapat dikirim oleh modul NRF24L01 pada transmitter area ke receiver area. Data sensor arus yang diterima oleh modul NRF24L01 di receiver area diolah oleh mikrokontroler Arduino UNO untuk menyalakan sebuah indikator berupa LED yang memberikan informasi dari transmitter area manakah yang mengirimkan sinyal adanya arus lebih/hubung singkat.

 

Hasil dari sistem deteksi dini hubung singkat pada bangunan menggunakan RF module ini adalah estimasi letak hubung singkat yang dapat diketahui dari indikator LED yang menyala. Sistem ini memiliki 3 bagian utama yaitu transmitter area 1 sebagai pengirim data dari sensor arus di area 1, transmitter area 2 sebagai pengirim data dari sensor arus di area 2 dan receiver sebagai penerima data dari semua transmitter.