Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ATS (Automatic Transfer Switch) Genset dengan Sistem Kontrol Pemanasan Genset Otomatis Secara Berkala Berbasis Mikrokontroler

Yalius Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Seiring dengan meningkatnya jumlah pembangunan khususnya di bidang industri menyebabkan permintaan akan energi listrik semakin bertambah. Namun kemampuan PLN sebagai penyedia utama suplai listrik sangat terbatas bahkan cenderung menurun, maka diperlukan backup power yang handal, misalnya Genset (Generator Set). Namun, untuk memindah daya ke genset, maka diperlukan sistem kendali Automatic Transfer Switch (ATS).

ATS adalah sebuah sistem untuk melakukan perpindahan daya secara otomatis dari sumber daya utama PLN ke sumber daya cadangan genset. ATS juga bisa dikombinasikan dengan sistem pemanasan genset otomatis secara berkala sebagai bagian dari maintenance genset. Kontrol utama dari sistem ini adalah Arduino Uno R3, dimana Arduino yang mengontrol Relay DC 5V yang kemudian mengaktifkan Relay AC 220V untuk melakukan peralihan daya . Dalam hal ini sensor yang digunakan untuk mendeteksi tegangan adalah sensor ZMPT 101 B. Untuk pemanasan genset digunakan modul RTC DS1307 yang akan menampilkan waktu secara real time kemudian Arduino diprogram untuk memerintah sistem melakukan pemansan genset pada jam 06.00-06.10.

 

Pengujian sistem ATS (Automatic Transfer Switch) genset dengan sistem kontrol pemanasan genset otomatis secara berkala berbasis mikrokontroler diketahui hasilnya yaitu saat PLN padam maka daya akan dialihkan ke genset kemudian mikrokontroler akan menyalakan genset secara otomatis. Begitu pula saat PLN kembali menyala maka daya dialihkan kembali ke PLN lalu mikrokontroler akan mematikan genset secara otomatis. Pada saat jam 06.00 mikrokontroler akan memerintah genset untuk menyala sebagai proses pemanasan. Genset akan mati secara otomatis pada jam 06.10.