Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prototype Kendali Tirai dan Fan Pada Ruang Kerja Menggunakan Smartphone Android Berbasis Mikrokontroler

Eri Fandi Ahmad

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi setiap tahun semakin pesat. Kemajuan teknologi yang sangat pesat menuntut manusia untuk terus berinovasi dan mengembangkan sebuah sistem yang telah diciptakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan manusia dalam bekerja dan beraktivitas setiap harinya. Dengan kemajuan teknologi saat ini benar-benar dirasakan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia (Dwiningrum, 2012).

Agar dalam proses bekerja menjadi nyaman dan lancar maka pada ruang kerja harus mendukung. Untuk mempermudah dalam akivitas pemakaian energi listrik maka peralatan ini harus dapat dikendalikan pada jarak jauh. Alat yang dapat mengendalikan perangkat elektrik pada jarak jauh berupa teknologi wireless. Dengan menggunakan bluetooth yang ada pada smartphone berbasis Android maka manusia dapat memutuskan aliran listrik pada fan, atau membuka dan menutup tirai pada ruang kerja tanpa harus mengeluarkan tenaga secara langsung pada peralatan elektronik. Sitem kerja dari alat ini adalah user melakukan input dari aplikasi kendali yang ada pada perangkat smartphone Android. Tersedia input yaitu standar input (button buka dan tutup tirai serta on/off fan). Data yang dikirim dari smartphone Android akan diterima oleh modul bluetooth HC-05 yang terhubung pada sistem mikrokontroler Arduino. Data dari mikrokontroler Arduino diteruskan ke driver H-bridge, kemudian driver H-bridge akan meneruskan data yang digunakan untuk menjalankan perangkat elektrik berupa tirai dan fan.

 

Pengujian sistem kendali buka tutup tirai dan on/off fan menggunakan smartphone Android berbasis mikrokontroler dilakukan sebagai berikut: (1) pengujian mikrokontroler (2) pengujian putar kanan kiri modul H-bridge L298N (3) pengujian bluetooth HC-05 (4) pengujian limit switch dan (5) pengujian keseluruhan.