Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGENDALI STOPKONTAK BERDASARKAN JUMLAH ENERGI YANG DIPAKAI BERBASIS MIKROKONTROLER

Muhammad Fauzi

Abstrak


ABSTRAK

 

: Listrik sekarang ini telah menjadi salah satu elemen penting yang sangat dibutuhkan manusia. Mayoritas alat elektronik yang bersumber pada listrik tersebut menggunakan kabel penghubung antara alat dan sumber listrik atau bisa disebut sebagai jembatan penghantar arus ke masing-masing alat tersebut agar berfungsi. Salah satu instrumen elektronik yang banyak digunakan adalah stopkontak. Akan tetapi, permasalahan penggunaan stop kontak pada konsumen sering melebihi batas penggunaan. Agar dapat mengatasi permasalahan penggunaan stopkontak digunakan peralatan pengendali stopkontak berdasarkan jumlah energi yang pakai berbasis mikrokontroler.

Alat pengendali stop kontak ini menggunakan Arduino UNO sebagai master control kesuluruhan alat dan sensor arus ACS712 yang berfungsi sebagai pembaca arus listrik. Jika arus listrik melebihi batas maksimum yang ditentukan relay akan aktif untuk memutus sumber listrik secara otomatis. Pengujian pengendali stopkontak berdasarkan jumlah energi yang dipakai berbasis mikrokontroler diketahui hasilnya sebagai berikut : (1) pengujian Arduino (2) pengujian sensor ACS712 (3) pengujian keypad (4) pengujian LCD (5) pengujian relay (6) pengujian keseluruhan.

 

Hasil pengujian kinerja alat diketahui bahawa: (1) Desain alat terbentuk sesuai dengan perancangan, (2) Seluruh rangkaian bekerja dengan baik dan sesuai dengan fungsinya, (3) Operasional kerja alat bekerja secara otomatis pada saat arus melebihi batas maksimum relay memutus sumber listrik.