Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Pengolahan Citra Pemilah Apel Berbasis Mikrokontroler

Davit Adi Cahyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Malang merupakan penghasil buah apel terbesar di Jawa Timur. Populasitanaman apel tahun 2014 mencapai 2,1 juta pohon dengan kuantitas produksi buahmencapai 708,43 ton (kadarwati, 2015). Kuantitas buah apel tersebut memiliki beberapavarietas dengan kualitas ekspor. Kualitas ekspor tersebut dapat dicapai denganpengolahan pasca panen khususnya dalam hal pemilahan.

Pemilahan apel dapat dilakukan dengan sistem otomasi agar didapatkan prosesyang efisien dan hasil yang efektif. Sistem otomasi pemilah apel yang digunakan berbasismikrokontroler yang menggunakan sensor kamera untuk mendeteksi objek berdasarkanvisual. Berdasarkan data visual ini, digunakan metode Pengolahan citra color detection.Proses metode ini adalah seleksi warna dari mode visual awal RGB (Red Green Blue)dikonversi menjadi HSV (Hue Saturation Value). Dengan konversi ini dapat ditentukannilai warna seleksi dari visual yang ditampilkan. Hasil seleksi akan diproses denganmikrokontroler raspberry pi menggunakan bahasa pemrograman berupa phyton.Mikrokontroler menggerakan motor power window sebagai motor penggerak konveyor,dan motor servo sebagai motor penggerak palang pemilah.

Pengujian sistem pengolahan citra pemilah apel berbasis mikrokontrolerdiketahui hasilnya sebagai berikut : (1) pengujian tegangan dan kecepatan minimummotor konveyor (2) pengujian framerate kamera (3) pengujian motor servo (4) pengujianprogram dan konsistensi pemilahan (5) pengujian keseluruhan