Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Variabel Amplitudo dan Variabel Frekuensi Inverter Tiga Fasa untuk Pengendali Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array)

Habibi Mushthofa H.Z.

Abstrak


ABSTRAK

H.Z., Habibi Mushthofa. 2016. Variabel Amplitudo dan Variabel Frekuensi Inverter.Tiga Fasa untuk Pengendali Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array). Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro. Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Irham Fadlika, S.T., M.T. 

Kata Kunci :  Inverter, Motor Induksi.

Motor Induksi adalah suatu mesin yang berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan menggunakan sumber listrik AC. Dalam dunia industri sebuah mesin yang pengoperasiannya tidak menimbulkan polusi sangat dibutuhkan karena dari waktu ke waktu industri dianggap sebagai salah satu faktor terbesar yang dapat merusak lingkungan. Proses produksi dalam industri harus dilaksanakan secara efisien, maka kerusakan pada suatu mesin jelas suatu hal yang merugikan. Oleh karena itu, motor induksi menjadi jenis motor yang sering digunakan oleh industri karena konstruksinya yang minim perawatan dan dalam proses pengoperasiannya hampir tidak menimbulkan polusi seperti yang terjadi pada motor konvensional. 

Karakteristik kecepatan dan torsi motor induksi bergantung pada suplai daya pada motor induksi tersebut. Pemahaman karakteristik tersebut sangat diperlukan oleh seseorang yang belajar tentang motor listrik. Sumber listrik AC yang mempunyai sifat sulit dikendalikan adalah suatu kendala bagi seseorang yang mempelajari tentang karakteristik motor induksi tersebut. Oleh karena itu, penulis mencoba membuat inverter yang besar amplitudo dan frekuensinya dapat divariasikan dengan menggunakan FPGA (Field Programmable Gate Array) dari perusahaan Altera yang diprogram menggunakan software SIMULINK yang terintegrasi dengan software  Quartus Prime.

Tahapan dalam perancangan alat ini terdiri dari (1) blok diagram, (2) perencanaan hardware, (3) perencanaan software, dan (4) pengujian. Pengujian rancangan ini dilakukan dengan cara menguji output tiap blok komponen dan pengujian sistem secara keseluruhan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada saat  sumber tegangan dan frekuensi dirubah maka kecepatan dan torsi yang dihasilkan pada motor induksi juga mengalami perubahan.