Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Kendali Otomatis Mesin Penggiling Dan Pengayak Serbuk Kayu Gaharu Dilengkapi Konveyor Pemindah Bahan Berbasis Arduino

mochammad rizal efendi

Abstrak


ABSTRAK

Rizal Efendi, Mochammad. 2016. Sistem Kendali Otomatis Mesin Penggiling Dan Pengayak Serbuk Kayu Gaharu Dilengkapi Konveyor Pemindah Bahan Berbasis Arduino. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dwi Prihanto, S. S.T., M. Pd.

Kata Kunci : Sistem Kendali Otomatis, Mesin Penggiling, Pengayak dan Konveyor, Ardduino uno

Tugas akhir ini merupakan proses pengaturan atau pengendalian proses kerja tanpa adanya campur tangan manusia (otomatis). Di era teknologi yang semakin berkembang saat ini sistem kendali otomatis sangat diperlukan untuk mempermudah suatu proses perindustrian. Dalam dunia industri sistem kendali otomatis sangat membantu dalam proses kelancaran operasional, agar berjalan secara efektif dan efisien.

Pada alat Sistem Kendali Otomatis Mesin Penggiling Dan Pengayak Serbuk Kayu Gaharu Dilengkapi Konveyor Pemindah Bahanini, arduino unodigunakan sebagai kendali utama dalam sistem kerja proses penggilingan,pengayakan, dan kerja konveyor. Alat sistem kendali otomatis mesin penggiling dan pengayak serbuk kayu gaharu dilengkapi konveyor pemindah bahan berbasis arduinoini adalah suatu alat yang yang didesain untuk mempermudah industri rumahan melakukan proses kerja secara otomatis. Dalam pembuatan alat ini terdiri dari: 1) Perancangan dan pembuatan, yang meliputi: a) perancangan alat, rancangan mekanik didesain dengan dimensi 46 cm x 46 cm x 60 cm, b) perancangan hardware meliputi rancangan sensor photodioda dan rancangan driver motor, c) perancangan software pemrograman alat, d) persiapan pembuatan mekanik alat, e) pembuatan alat dilakukan berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. 2) Pengujian dan hasilnya meliputi: a) hasil bentuk perancangan desain alat, b) pengujian rangkaian tiap blok, c) pengujian alat secara keseluruhan.

 

Dari proses pengujian sistem secara keseluruhan alatSistem Kendali Otomatis Mesin Penggiling Dan Pengayak Serbuk Kayu Gaharu Dilengkapi Konveyor Pemindah Bahanberbasis Arduno dengan hasil 50 gram serbuk selama 10 menit yang dibuat dengan tujuan Mengetahui rancang bangun konveyor pengangkut serpihan kayu gaharu, Mengetahui proses otomatis konveyor pengangkut serpihan kayu gaharu, dan Menguji kelayakan dari konveyor pengangkut serpihan kayu gaharu. Dengan demikian tugas akhir ini bisa berjalan sesuai dengan perencanaan.