Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Sistem Grid Connected pada Sumber Listrik Satu Fasa

Radityo Dwi Oktavianto

Abstrak


ABSTRAK

Oktavianto, Radityo Dwi. 2016. Perancangan Sistem Grid Connected pada Sumber Listrik Satu Fasa. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro. Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Arif Nur Afandi, S.T., M.T.

Kata Kunci: Inverter, Mikrokontroler, PWM, Sinkronisasi, Zero crossing.

Kebutuhan terhadap daya listrik terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi semakin pesat. Oleh karena itu, diperlukan sumber listrik sekunder yang dapat menopang beban listrik yang diterima PLN, misalnya: Photovoltaic (PV). Namun, untuk menambahkan daya ke jaringan PLN, maka diperlukan sistem kendali grid connected.Pada penyusunan tugas akhir ini dilakukan “Perancangan Sistem Grid

Connected Pada Sumber Listrik Satu Fasa”. Sebuah sistem untuk melakukan sinkronisasi sumber listrik 1 fasa dengan sumber listrik 1 fasa yang lain.Hardware utama dari sistem ini adalah inverter, dimana inverter akan mengkonversi tegangan DC menjadi tegangan AC. Dalam hal ini, penulis menggunakan teknik Zero Crossing, yaitu teknik untuk menentukan titik nol pada sumber listrik satu fasa. Titik nol ini akan menjadi pemicu untuk PWM mikrokontroler diaktifkan untuk pensaklaran inverter. Dalam tugas akhir ini, sumber listrik yang akan disinkronisasikan adalah sumber listrik PLN yang diturunkan dengan trafo stepdown 6V dengan sumber listrik inverter dengan topologi half bridge.

Pengujian tugas akhir ini dilakukan dengan cara mengukur arus pada masing-masing sumber listrik dan hasil sinkronisasi dengan menggunakan beban resistor sebesar 100Ω /50J. Pengujian kali ini didapat arus yang keluar dari trafo sebesar 2,2 A, Inverter sebesar 1,15 A, dan hasil sinkronisasi adalah 3,38 A. Data tersebut menunjukkan ketika terjadi sinkronisasi arus pada beban meningkat, artinya proses sinkronisasi telah berhasil walaupun masih pada tegangan yang rendah.