Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

APLIKASI CAPASITOR BANK UNTUK MENINGKATKAN FAKTOR DAYA MOTOR INDUKSI 1 FASA

Ary Eko Prasetiyo

Abstrak


ABSTRACT

 

APLIKASI CAPASITOR BANK UNTUK MENINGKATKAN FAKTOR DAYA MOTOR INDUKSI 1 FASA

Prasetiyo, Ary Eko. 2015. Aplikasi Capasitor Bank Pada Motor Induksi 1 Fasa Untuk Mengurangi Konsumsi daya Reaktif. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hari Putranto (II) Drs. Puger Honggowiyono, M.T.

Aplikasi Capasitor bank merupakan aplikasi rangkaian pada beban yang di tambahkan satu atau beberapa kapasitor agar dapat memperbaiki cos phi atau faktor daya dari rangkaian tersebut.

Tugas akhir ini membahas tentang kapasitor yang di hubungkan secara paralel pada bebannya. Besar nilai kapasitor di tentukan dengan menghitung besaran beban yang akan di lewati arus khususnya untuk beban induktif, di karenakan rangkaian kapasitor bank ini akan mengurangi penggunaan daya reaktif. karena sifat dari Capasitor tersebut dapat menaikkan faktor daya cos phi.

Untuk penggunaanya di aplikasikan pada industri kecil rumah tangga untuk motor poles batu. karena motor poles batu ini pada umumnya merupakan motor induksi 1 fasa yang di hubungkan langsung dengan sumber tegangan. Kebanyakan industri poles batu ini adalah merupakan industri di perumahan dengan daya kurang lebih sekitar 1300 Watt. Dan pada kenyataannya dengan daya 1300 Watt, industri tersebut hanya dapat memasang motor poles sebanyak 4 buah saja tanpa di bebani yang lainnya jika masing - masing motor memiliki besar beban sekitar 250 Watt.

 

Berdasarkan hasil pembahasan dapat di ambil kesimpulan bahwa pembuatan desain aplikasi kapasitor bank ini dapat memperbaiki faktor daya, sehingga motor 1 fasa yang di gunakan betul - betul hanya mengambil daya 250 Watt dengan cos phi = 1