Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Data Logger Parameter Daya Pada Panel Surya Menggunakan RTC dan Display

Kurniyawan Hardi Saputra

Abstrak


ABSTRACT

 

Data Logger Parameter Daya Pada Panel Surya Menggunakan RTC dan Display

Hardi S, Kurniyawan. 2016. Data Logger Parameter Daya Pada Panel Surya Menggunakan RTC dan Display. Tugas Akhir, jurusan Teknik Elektro. Program Studi D3 Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eng., Mokh Sholihul Hadi,. S. T., M. Eng.

Kata Kunci :  Data Logger, Monitoring ATmega328p, Mikrokontroler, Panel surya,

RTC, LCD, SDcard

Data logger memiliki fungsi sebagai perangkat khusus yang mampu menyimpan data dari waktu ke waktu baik yang terintegrasi dengan sensor maupun instrumen. Dengan fungsi tersebut, sistem data logger memiliki kelebihan dapat melakukan pemantauan data otomatis tanpa memerlukan pengukuran tiap jam. Dengan  adanya  data logger maka dapat  mempermudah pengambilan data dan pekerjaan manusia.

Pada bangun sistem data logger dengan menerapkan fungsinya, yaitu sebagai monitoring parameter daya pada panel surya. Data logger ini menggunakan mikrokontroler ATmega328p sebagai pengendali penuh pada sistem. Sistem data logger yang digunakan dalam  monitoring parameter daya pada panel surya ini adalah sistem kontrol close loop.

Data logger yang dibuat bertujuan untuk mempermudah dalam pengambilan data dan monitoring data dengan menggunakan RTC dan Display maka data juga dapat dilihat secara real time pada LCD tanpa perlu menggunakan multimeter dan cukup dengan melihat data yang tampil pada display LCD. Data juga disimpan ke SDcard untuk mengetahui data keseluruhan, Data dalam SDcard bisa dibuka pada ms.excel.

 

Pengujian alat dilakukan dengan cara menguji tiap blok komponen dan pengujian sistem keseluruhan. Hasil  pengujian memperlihatkan bahwa rangkaian sensor arus dapat berjalan dengan baik, serta RTC dapat digunakan sebagai pemelihara waktu. Sedangkan sensor tegangan dapat mendeteksi tegangan panel surya dan dapat berfungsi sesuai perancangan. Plan  yang dibuat dapat bekerja sesuai dengan prinsip kerja yang dirancang. Dengan demikian data logger parameter daya pada panel surya yang dibuat dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan perancangan.