Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR DC DENGAN MENGGUNAKAN KONTROL PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIF (PID) UNTUK MENDUKUNG MATAKULIAH PRAKTIKUM SISTEM KENDALI

Rista Aprilowena

Abstrak


Abstrak

 

Praktikum Sistem Kendali merupakan salah satu pokok bahasan wajib bagi mahasiswajurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang. Mahasiswa dituntut untuk mempelajari, menguasai dan memahami konsep dasar sistem kendali. Namun kenyataannya, masih adamahasiswa yang merasa bahwa sistem kendali merupakan pokok bahasan yang sulit. Hal tersebut dikarenakankemampuan mahasiswaberbeda-beda dalam memahami konsep dasarsistem kendali.Dari hasil interview dan hasil angket persepsi mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah Praktikum Sistem Kendali didapatkan, bahwa ada beberapa kesulitan karena belum tersedia trainer dan modul pada sub bahasan tentang kendali Proportional Integral Derivatif (PID).

Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu dirancang bahan ajar berupa modul pembelajaran sistem kendali agar pembelajaran mengenai perancangandasar kendali PID di kelas berlangsung secara aktif, efektif, dan bermanfaat. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan trainerpengendalian motor DC dengan menggunakan kontrol PID untuk mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang; (2) menghasilkan modul praktikumtrainerpenggunaan kontrol PID bagi mahasiswa dan asisten dosen.Metode pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasidesain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk dan (10) produksi masal.

Dari hasil uji coba yang dilakukan pada trainer didapatkan settling time = 3, overshoot = 5,6%, dan rise time = 2 padainputsetpoint = 1600, KP=2, KI=0,5 dan KD=0,2. Sedangkan error steady state adalah 2%.Berdasarkan pada hasil analisis data percobaan, diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut: (1) pada ahli media, diperoleh presentase 85,71% untuk modul cetak, dan persentase trainer sebesar 81,81%, (2) pada ahli materi diperoleh persentase 80,95%,(3) pada mahasiswa, diperoleh presentase sebesar 85,58%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainerpengendalian kecepatan motor DC dengan kontrol PID untuk matakuliah Praktikum Sistem Kendali  ini layak untuk digunakan  sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Trainer, PID, Sistem Kendali