Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Produktivitas Kerja dan Etika Kerja dalam Prakerin dengan Kesiapan Kerja Bidang TKJ pada Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian TKJ di SMK Negeri Se-Kota

Dian Yani Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Dian Yani. 2014. Hubungan antara Produktivitas Kerja dan Etika Kerja dalam Prakerin dengan Kesiapan Kerja Bidang TKJ pada Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian TKJ di SMK Negeri Se-Kota Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd., (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : Produktivitas Kerja, Etika Kerja Prakerin, Kesiapan Kerja

Pemberian bekal tentang dunia kerja dapat diwujudkan dalam kegiatan prakerin. Kegiatan prakerin dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana keadaan di dunia kerja pada umumnya. Sehingga ketika siswa telah lulus dari SMK mereka telah memiliki bekal yang cukup. Aspek yang selalu dinilai baik dari sekolah maupun industri adalah sejauh mana produktivitas kerja dan etika kerja yang telah diterapkan oleh siswa pada saat pelaksanaan kegiatan prakerin. Karena dengan melihat dua hal tersebut maka dapat dilihat bagaimana tingkat kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa nantinya.  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masing-masing variabel X1, X2 dan Y. Serta mengungkap hubungan antara produktivitas kerja (X1) dan etika kerja selama prakerin (X2) dengan kesiapan kerja bidang TKJ pada siswa (Y) baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini dirancang menggunakan deskriptif korelasional,dengan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan pada siswa SMK kelas XII di Kota Malang Program Keahlian TKJ tahun ajaran 2013/2014 dengan pertimbangan telah melakukan prakerin kurang lebih selama 6 bulan. Prosedur pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji prasyarat analisis sebagai syarat untuk dilakukannya uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda untuk mengungkapkan besarnya hubungan dan kontribusi dua variabel bebas secara simultan (bersama-sama) dengan variabel terikat (Y).

Hasil penelitian: (1) variabel X1 dalam kategori baik sebesar 72%; (2) variabel X2 dalam kategori baik sebesar 53%; (3) variabel Y dalam kategori baik sebesar 72%; (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara produktivitas kerja selama prakerin dengan kesiapan kerja siswa; (5) ada hubungan positif yang signifikan antara etika kerja selama prakerin dengan kesiapan kerja; dan (6) ada hubungan yang signifikan antara produktivitas kerja dan etika kerja selama prakerin dengan kesiapan kerja siswa dengan tingkat korelasinya sedang.

Kesimpulan: sumbangan prediktor terhadap kriteriumnya sebesar 25,60% yang dijabarkan sebagai: (1) sumbangan efektif variabel X1 sebesar 0,63%; dan (2) sumbangan efektif variabel X2 sebesar 24,92%. Sedangkan sisanya sebesar 74,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.