Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi Gaya Mengajar Guru dan Pemahaman Konsep dengan Kompetensi RL (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Pembangkit Tenaga Listrik SMK PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi.

Lia Fitriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriani, Lia.2013. Hubungan Persepsi Gaya Mengajar Guru dan Pemahaman Konsep dengan Kompetensi RL (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Pembangkit Tenaga Listrik SMK PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (1) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T (II) Drs. Puger Honggowiyono, M.T.

 

Kata Kunci :persepsi gaya mengajar guru, pemahaman konsep, kompetensi rangkaian listrik

Kompetensi rangkaian listrik adalah kecakapan yang dicapai siswa dalam ilmu kelistrikan, dalam hal ini adalah kecakapan memahami tentang hukum Ohm dan hukum kirchoff beserta aplikasinya. Persepsi gaya mengajar guru dan pemahaman konsep memiliki hubungan untuk ketercapaian kompetensi RL tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap signifikansi Hubungan (1) persepsi gaya mengajar guru (X1) dengan kompetensi rangkaian listrik (Y), (2) pemahaman konsep(X2) dengan kompetensi rangkaian listrik (Y), dan (3) persepsi gaya mengajar(X1) dan pemahaman konsep (X2) secara simultan dengan kompetensi rangkaian listrik (Y).

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Jenis penelitian korelasional yang digunakan adalah jenis korelasional yang menggunakan metode expost facto. Objek penelitian semua siswa kelas X jurusan pembangkit tenaga listrik SMK PGRI 3 Malang sebanyak 68 siswa. Jenis penelitian populasi. Untuk mengukur variabel pesepsi gaya mengajar guru pengumpulan data menggunakan angket, untuk variabel pemahaman konsep diukur menggunakan soal test, sedangkan untuk variabel kompetensi RL pengumpulan data menggunakan data skunder yaitu berupa nilai hasil ulangan harian dan nilai raport siswa yang telah dirata-rata. Analisa data menggunakan spss 16. Analisa diperoleh dengan menggunakan analisis korelasi parsial dan regresi ganda.

Hasil penelitian yaitu (1) bahwa 93% responden memiliki persepsi gaya mengajar guru berkategori tinggi, (2) 71% responden memiliki pemahaman konsep berkategori tinggi, (3) 65% responden memiliki kompetensi RL berkategori sedang, (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y, (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 dengan Y, dan (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.