Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan model pembelajaran koorperatif tipe expert group untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi keahlian membangun dan mengkonfigurasi server di SMK Negeri 5 Malang

bayu andi sulistiya

Abstrak


ABSTRAK

 

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIFTIPE EXPERT GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DANHASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ PADA KOMPETENSIKEAHLIAN MEMBANGUN DAN MENGKONFIGURASI SERVER DISMK NEGERI 5 MALANG

 

Bayu Andi Sulistiya, Syaad Patmanthara, dan Heru Wahyu Herwanto

Universitas Negeri Malang

Email: bayu13andi@gmail.com; thara_s@um.ac.id; heru_wh@um.ac.id

 

Berdasarkan pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran membangun danmengkonfigurasi server dengan guru TKJ SMKN 5 Malang kelas XI. Masih ditemukan beberapakendala yang diindikasikan sebagai penyebab siswa mendapatkan hasil belajar yang kurangmemuaskan, yakni terpusatnya pembelajaran kepada guru. Keaktifan yang terjadi antar siswa masih kurang sehingga membuat pembelajaran kurang kondusif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Koorperatif tipe Expert Group yang dilakukan guru. Dan mengetahui pengaruhnya terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kolaboratif Partisipatoris. Instrumen penelitian berupa RPP, Silabus, soal tes, rubrik observasi, dokumentasi foto dan catatan lapangan. Hasil data

Penelitian menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran Koorperatif tipe Expert Group menunjukkan peningkatan dari siklus I 91,9% (kriteria sangat baik) pada siklus II 96,64% (kriteria sangat baik). Aktivitas belajar yang dicapai siswa pada siklus I (81,62%) pada siklus II (95,56%). Hasil belajar ranah kognitif menunjukan rata–rata nilai dari siklus I (7,49) dan siklus II (8,55). Hasil belajar ranah afektif meningkat dari siklus I (77,48%) ke siklus II (89,59%). Pada hasil belajar ranah psikomotorik meningkat dari siklus I (77,2%) ke siklus II (89,62%). Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran koorperatif tipe Expert Group berjalandengan sangat baik, sehingga mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ pada kompetensi keahlian membangun dan mengkonfigurasi server di SMK Negeri 5 Malang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Koorperatif, Expert Group, Aktifitas Belajar, Hasil Belajar.

 

Based on implementation of the learning process in subjects build and configure a server with teachers Vocational High School 5 Malang teacher on at XI TKJ class. Still foundsome problems that are indicated as the cause of students getting less than satisfactory learning results, it is about the centralized of learning from the role of teacher.the liveliness student occurs between friends who make learning becomes less conducive. The purpose of the research is to examine the process implementation of cooperative learning model of the type Expert Group that teachers do the learning model. Beside that, the purpose is to examine the effect of applicationcooperative learning model of the type Expert Group for activity and learning result student. This type of research is Classroom Action Research (CAR) model with Participatory Collaborative.

Research instrument in the form of lesson plans, syllabus, test questions, rubrics observation, photo documentation and field notes. Research results indicate the implementation of the datamodel of the type of cooperative learning Expert Group showed an increase of 91.9% in first cycle (criteria very well)and the second cycle in 96.64% (excellent criterion). Cognitive learningoutcomes shows the average value of the first cycle (7.49) and second cycle (8,55). Affectif learning outcomes is increased from the first cycle (77.48%) to second cycle (89.59%). In thepsychomotor domain of learning outcomes data is increases from the first cycle (77.2%) to the second cycle (89.62%). . It can be concluded that the implementation of cooperative learning model of the type Expert Group runs very well, so that can increase the activity and the learningoutcomes from students of class XI TKJ on skill competence in developing and configuring servers in Public Vocational High School 5 Malang.

Keywords: cooperative learning model, Expert Group, Learning Activity, Learning Outcomes