Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BASIS DATA BERBASIS WEB UNTUK PRODI PTI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Miratul Amaliyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Teknologi sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan.Informasi yang didapatt idaklagi terbatas dari guru/dosen,  buku,  surat kabar tetapi juga salah satunya dari jaringan internet. Sebagian besar mahasiswa menjadikan internet sebagai media untuk mencariinformasi yang mendukung dalam mengerjakan tugas suatu matakuliah.Bukan hanya itu mahasiswa juga menjadikan internet sebagai media interaksi dengan temannya melaui chatting maupun web jaringan social sepertifacebookatautwiter.

Pada mahasiswa Universitas Negeri Malang JurusanElektroprodi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) menempuh beberapa matakuliah seperti Pemrogran Berbasis Objek, Keamanan Sistem Komputer, Basis data dll.Untukmatakuliah basis data, mahasiswa diharapkan memahami dan mengaplikasikan konsep, relasi, desain dannormalisasi, SQL, query, pemrosesantran saksi, serta basis data objekdan basis data berbasis Web. Dengan banyaknya kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa PTI, Sehingga mahasiswa sekarang menuntut lebih banyak waktu yang berkualitas untuk bisa berdiskusi dan membantu pemahaman dalam perkuliahan. Tatapmuka di kelas menjadi tidak cukup untuk memenuhi waktu yang berkualitas itu. Salah satu alternatif adalah dikembangkannya sistem e-learning yang bisa memberi lebih banyak waktu dan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mandiri yang membantu dalam pemahaman matakuliah Basis Data.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sadiman yang terdiri dari: identifikasi kebutuhan, analisis tujuan, pengembangan materi, pengembangan alat evaluasi, menyusun naskah, produksi, petunjuk pemanfaatan,validasi produk,uji coba produk, revisi dan media siap dimanfaatkan. Sumberbelajar yang dihasilkan memiliki beberapa karakteristik antara lain: modul berupa teks berbentuk Portable Document Format (PDF), audio-video, forum, chat. Sumber belajar ini dapat diakses melalui internet dan modul yang ada di dalamnya dapat di-download secara langsung.

Pengambilan data validasi sumber belajar dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media, ahli materi dan mahasiswa PTI. Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media menyatakan produk ini valid dengan persentase 80,26%, ahli materi menyatakan produk ini valid dengan persentase 81%, mahasiswa PTI 2010 menyatakan produk ini valid dengan persentase 84,43% dan mahasiswa PTI 2011 menyatakan produk ini valid dengan persentase 84,71%