Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DESAIN INVERTER SINUSOIDA 1 FASA BERBASIS MIKROKONTROLER

aisyah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Aisyah. 2012. Desain Inverter Sinusoida Satu Fasa Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sujono, M.T. (2) Yuni Rachmawati, ST., M.T.

 

Kata Kunci: inverter, mikrokontroler, driver, step-up.

Kebutuhan tenaga listrik semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya varian beban dan pengguna. Listrik juga merupakan kebutuhan primer, Akan tetapi pada kenyataan kebutuhan listrik masyarakat belum terpenuhi secara maksimal, terbukti masih banyak daerah yang belum terjangkau. Dan  seringnya pemadaman yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik milik Negara (PLN). Pembuatan inverter ini bertujuan untuk menggantikan listrik sementara untuk penerangan saat terjadi pemadaman listrik.

Inverter sinusoida satu fasa adalah rangkaian yang dapat mengubah tegangan searah menjadi tegangan bolak-balik, sumber tegangan searah misalnya baterai/aki. Desain inverter sinusoida satu fasa berbasis mikrokontroler ini terdiri dari tiga rangkaian utama: (a) oscillator, (b) driver, (c) rangkaian trafo step-up. Rangkaian oscillator menggunakan mikrokontroler ATMega8 sebagai penghasil PWM (pulse width modulation), rangkaian driver sebagai switching dengan menggunakan MOSFET IRF3205 dan rangkaian trafo CT sebagai penaik tegangan (step-up).

Prinsip kerja dari alat ini adalah ketika diberi tegangan masukan DC 12 Volt dan melakukan pemograman pada mikrokontroler, maka rangkaian mikrokontroler (oscillator) menghasilkan PWM yang kemudian digunakan untuk memicu rangkaian driver. Sinyal diubah menjadi positif-negatif sesuai arah arus yang mengalir pada rangkaian driver sehingga pada driver ini tegangan sudah berubah menjadi 12 volt AC, kemudian tegangan tersebut dinaikan menjadi 220 Volt menggunakan transformator.

Hasil dari uji laboratorium bahwa desain inverter ini dapat berfungsi dengan baik, hanya saja dibutuhkan filter untuk mengurangi ripple (gelombang yang masih ada distorsi harmoniknya) pada tegangan keluaran.