Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISI PERHITUNGAN LOSSES PADA JARINGAN TEGANGAN RENDAH DENGAN PERBAIKAN PEMASANGAN KAPASITOR

Ratih Novalina Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Ratih Novalina. 2012. Analisis Perhitungan Losses pada Jaringan Tegangan Rendah Dengan Perbaikan Pemasangan Kapasitor. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Yuni Rahmawati ,S.T., M.T., (II) Drs. Hari Putranto

 

Kata Kunci : Losses, metode, hasil analisis

Dalam perkembangan saat ini energi listrik yang mendominasi kebutuhan manusia, sehingga konsumen listrik semakin bertambah seiring berkembangnya zaman diantaranya adalah konsumen rumah tangga. PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan listrik satu-satunya di Indonesia yang merupkan sistem  transmisi dan distribusi listrik. Sitem distribusi listrik merupakan bagian yang letaknya dekat dengan konsumen. Dalam hal ini perlu adanya peningkatan pelayanan terhadap para konsumen tenaga listrik utamanya pada penyaluran  Sistem  Distribusi Listrik agar tidak terjadi susut energi atau disebut juga losses yang akan merugikan konsumen pengguna listrik maupun PT. PLN (Persero).

Metode dalam analisis ini adalah metode tentang penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data pengukuran dan wiring, kemudian melakukan pengukuran data di GTT KA025, lalu melakukan perhitungan losses total baik sebelum dilakuakan perbaikan maupun setelah dilakukan perbaikan serta melakukan analisis antara data-data lapangan dan data perhitungan.

Berdasarkan hasil analisis perhitungan tersebut dengan pemasangan kapasitor shunt pada JTR dapat mengurangi losses atau rugi daya sebesar 0,6 % dari losses total sebelum sebesar 9,8 % dan 9,2 % losses total setelah perbaikan. Yang berpengaruh pada peningkatan daya kirim pada GTT, mengurangi mutu listrik karena jatuh tegangan sehingga tegangan pada tiang ujung akan mengalami peningkatan, serta dapat mengurangi arus pada GTT KA025 yang nantinya akan dapat mengurangi besar losses yang terjadi pada sistem distribusi.