Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Desain Inverter 3 Fasa untuk Kendali Motor Induksi

Eko Nurhadi Satrio

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Satrio, EkoNurhadi. 2012.DesainInverter 3 FasauntukKendali Motor Induksi. JurusanTeknik Elektro. FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing : (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T (II) Ahmad Fahmi, S.T., M.T.

 

 

Kata Kunci :Inverter 3 fasa, konduksi 120o, Mikrokontroler ATMega8535

 

Di industribanyaksekalimenggunakanjenis motor induksisebagaimesin-mesinproduksimaupun yang lainnya. Inidikarenakan motor induksi 3 fasamemilikibanyakkelebihanselainharganya yang relatiflebihmurahjugaperawatannya yang lebihmudahdibandingjenis motor lainnya. Namunkelemahannyakesulitandalampengaturankecepatan.Karenapadadasarnyapengaturankecepatan motor induksidapatdilakukandenganmengubahjumlahkutub motor ataumengubahfrekuensisuplai motor. Pengaturankecepatandenganmengubahkutub motor sangatsulitdilakukankarenaharusmengubahbentukfisik motor, jadipengaturankecepatannyasangatterbatas. Namunjikapengaturankecepatandenganmengubahnilaifrekuensi, variasiuntukpengaturankecepatanakanlebihbanyakdantidakakanmerubahbentukfisikdari motor tersebut. Jadilebih simple danefisien.Pengaturankecepatanbisadilakukandenganinverter.Dimanainverterberfungsiuntukmerubahtegangan DC menjaditegangan AC. Perubahanfrekuensipadainvertersangat di mungkinkan, sebabbisa di atursesuai yang di inginkan.

Padadesainsistemini, Invertermenggunakan 6 buahmosfetdengan 3 lengan yang di driverolehoptocouplerdansinyal yang dikendalikanolehmikrokontroler ATMega8535.Terdapat 6 sinyaluntuk pemicuandimanatiapmosfetdipicu 120odenganselisihpemicuan 60otiapsinyal.Dengan program yang telahdibuatmikrokontrolerjuga di program untukmenampilkanfrekuensi yang nantinya di tampilkanke LCD untukmengetahuibesarfrekuensi yang di inginkan.Selainitudilengkapidenganbuttonuntukmemilihfrekuensi yang digunakanuntukdrivermosfet.

Hasil yang di dapat adalah tegangan keluaran inverter meliputi VRS,VST,VTR berbanding lurus dengan tegangan input yang diberikan melewati rangkaian penyearah dan filter.Dalam pengaturan frekuensi diberikan pengaturan antara 10 – 50 Hz dengan range 10. Teknik switching yang digunakan untuk pemicu mosfet pada inverter adalah mode square wave 120oconduction. Dimana sinyal pemicu itu dibangkitkan melalui mikrokontroler ATMega8535.