Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Web Sebagai Alat Bantu Menentukan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Bagi Anak Usia Taman Kanak-kanak (TK) di TK Laboratorium Universitas Negeri Malang.

KUSDARMADI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusdarmadi.2012.Pengembangan Aplikasi Web Sebagai Alat Bantu Menentukan

Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Bagi Anak Usia Taman Kanak-kanak (TK) di TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, MT, (II) Didik Dwi Prasetya, ST., MT.

 

Kata Kunci : website,  multiple intelligences, pengembangan

Sebagian besar orang tua dan guru pada tingkat pendidikan anak usia dini atau TK berpandangan bahwa anak yang cerdas adalah yang bisa berhitung logika paling cepat dan bertutur bahasa paling lancar. Setiap anak pasti memiliki potensi kecerdasan lain disamping logika dan bahasa yang patut mendapatkan apresiasi serta stimulasi hingga berkembang dengan baik. Permasalahannya saat ini belum ada media atau alat bantu yang bisa diakses secara cepat dan memberikan kontribusi informasi yang akurat terhadap kecerdasan anak usia TK. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media website yang berfungsi sebagai alat bantu menentukan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) bagi anak usia TK berdasarkan teori kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh Dr. Howard Gardner (1983).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development)  Borg and Gall dengan langkah-langkah sebagai berikut:(1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba perseorangan, (5) revisi, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi, (8) uji coba lapangan, (9) revisi, (10) penyebaran dan pelaporan.

Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk angket ahli media dan ahli materi serta siswa. Teknik analisis menggunakan analisis data angket dan analisis data secara keseluruhan yang dihitung menggunakan rumus statistik.

Berdasarkan hasil uji coba pada ahli media melalui hasil angket diperoleh persentase 96.25% yang berarti media layak digunakan dan dari ahli materi menunjukkan persentase 88.75% berarti materi dalam media website ini layak dijadikan sebagai alat bantu menentukan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) anak. Sedangkan uji coba lapangan pada kelompok kecil dengan subyek 3 siswa TK mendapat persentase 86.45% yang berarti layak dan uji coba lapangan pada kelompok besar 25 siswa TK mendapatkan persentase 94.5% yang berarti layak untuk diterapkan di TK sebagai alat bantu menentukan kecerdasan majemuk (multiple intelligences).