Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

RENJANA RUNJUNG GINANJAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Ginanjar, Renjana Runjung. Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I, M.Kom, (II) Triyanna Widyaningtyas, S.T, M.T.  

 

Kata Kunci: Web, Sistem Informasi, Kepegawaian

Perekapan kegiatan kepegawaian khususnya dosen di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang sangatlah diperlukan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Jurusan Teknik Elektro perekapan data kepegawaian masih bersifat manual, belum ada sistem perekapan yang terkomputerisasi, update kegiatan dosen dilakukan hanya dalam periode satu tahun, sehingga dosen tidak dapat melakukan update data sewaktu-waktu.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui fungsionalitas sistem informasi kepegawaian berbasis web. Dengan adanya Sistem Informasi Kepegawaian setiap pegawai terutama dosen dapat meng-update data kapanpun, dan memudahkan user untuk mencari data yang dibutuhkan untuk kepentingan yang sangat mendadak sekalipun.

Sistem Informasi Kepegawaian mengadaptasi model pengembangan waterfall dengan tahapan pengembangan antara lain: (1) mendefinisikan kebutuhan sistem melalui wawancara kepada beberapa dosen dan bagian administrasi kepegawaian di Jurusan Teknik Elektro; (2) mendesain sistem melalui permodelan DFD dan permodelan database melalui ERD; (3) Implementasi sistem; (4) integrasi dan pengujian sistem menggunakan teknik uji black-box; dan (5) operasi dan pemeliharaan berupa penyediaan user-guide dan koreksi eror saat diimplementasikan.

Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan menggunakan teknik black-box serta berpedoman pada metode pareto, didapatkan skor untuk pengujian user admin 100%, skor untuk user dosen 100%, dan untuk user mahasiswa 87,5%. Dari masing-masing pengujian user Sistem Informasi Kepegawaian, fungsionalitas sistem dilihat dari sisi pengguna sistem dinyatakan valid, sehingga  persentase skor rata-rata fungsionalitas sistem adalah sebesar 95,83 %. Persentase rata-rata uji coba tersebut mengindikasikan bahwa Sistem Informasi Kepegawaian adalah valid dengan beberapa revisi.