Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Cycloconverter Sebagai Pengendali Motor AC 1 Fasa

Asif Wildan

Abstrak


ABSTRAK

 

Wildan, Asif. 2012. Cycloconverter Sebagai Pengendali Motor AC 1 Fasa. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Aripriharta, S.T., (II)  Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T.

 

Kata Kunci : Cycloconverter, Motor AC 1 Fasa

Penulis mencoba merancang cycloconverter yaitu konverter AC ke AC yang merubah frekuensi tegangan masukan secara langsung sebagai aplikasi kendali motor AC 1 fasa. Pada perancangan tugas akhir ini, motor AC 1 Fasa yang digunakan adalah jenis motor universal untuk aplikasi mesin jahit, kendali utama diatur melalui mikrokontroler ATMega16 sebagai pusat untuk mengendalikan rangkaian daya. Alat ini dilengkapi dengan penampil LCD, push button dan rangkaian daya cycloconverter, untuk menggerakkan motor AC 1 fasa tersebut

Cycloconverter adalah konverter daya untuk sumber listrik AC yang berfrekuensi tetap yang akan dirubah ke sumber listrik AC berfrekuensi variable. Secara umum perancangan cycloconverter sebagai pengendali motor AC 1 Fasa ini terdiri dari tujuh blok rangkaian utama yaitu : mikrokontroler ATMega 16, push button, detektor pelintas nol, LCD, rangkaian isolasi optocoupler, dan rangkaian daya SCR.

Hasil pengujian dan pembahasan terdiri dari pengujian rangkaian mikrokontroler ATMega16, push button, detektor pelintas nol, LCD, rangkaian isolasi optocoupler, serta pengujian rangkaian keseluruhan.

Berdasarkan hasil perancangan dan pengujian cycloconverter sebagai pengendali motor AC 1 fasa dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Perancangan cycloconverter sebagai pengendali motor AC 1 fasa ini dilakukan dengan merancang sistem, hardware, dan software, (2) perancangan sistem terdiri dari perancangan rangkaian modul LCD, push button, detektor pelintas nol, rangkaian isolasi optocoupler, serta rangkaian daya SCR, (3) pada perancangan cycloconverter ini telah dilakukan pengujian per blok dan pengujian keseluruhan, (4) cycloconverter sebagai pengendali motor AC 1 fasa ini telah berhasil dibuat dengan kendali  ATMega16, LCD sebagai display, push button sebagai masukan data, rangkaian isolasi optocoupler sebagai pemisah blok daya dan blok logika, serta rangkaian daya SCR sebagai pengendali motor AC 1 fasa berjenis motor universal.